Jangan Salah! Ini Perbedaan Sesak Napas Karena Anxiety Atau COVID-19

Mengalami sesak napas memang membuat banyak orang khawatir. Terutama ketika penyebaran virus COVID-19 belum selesai seperti sekarang. Namun, sesak napas terkadang bisa sangat ‘tricky’, khususnya untuk orang yang memiliki riwayat anxiety. Apa, sih, perbedaan sesak napas karena anxiety atau COVID-19? Kita simak penjelasannya, yuk!

Menurut Tara de Thouars, BA, M.Psi, terdapat perbedaan yang cukup mudah untuk dikenali antara sesak napas yang disebabkan anxiety atau karena COVID-19. Salah satu diantaranya adalah jangka waktu terjadinya sesak napas tersebut, girls.

“Kalau sesak napas karena anxiety tidak akan bertahan lama. Artinya, jika kita sudah dalam keadaan rileks, terdistraksi atau melakukan hal yang menyenangkan, sesak napasnya akan hilang dengan sendirinya,” ujar Tara.

Nah, sedangkan sesak napas yang diakibatkan oleh COVID-19 sendiri, dalam keadaan apapun sesak napas akan dialami. Selain itu, sesak napas tersebut nggak akan hilang dengan sendirinya seperti anxiety. Makanya, para pasien postif COVID-19 yang mengalami sesak napas membutuhkan alat bantuan pernapasan.

Selain itu, sesak napas karena COVID-19 juga nggak terjadi begitu saja. Sebelumnya orang yang terkena COVID-19 akan mengalami meriang, nggak enak badan, demam, serta nyeri pada sendi terlebih dahulu. O iya, untuk anak-anak, sesak napas ini biasanya akan muncul setelah lima hari gejala awal muncul.

Nah, sedangkan untuk orang dewasa, sesak napas akan muncul setelah 2-3 hari munculnya gejala awal.

“Biasanya setiap orang punya gejala anxiety yang berbeda-beda. Meskipun umumnya akan dirasa sekitar dada dan perut. Untuk pemicunya, setiap orang juga berbeda. Tetapi utamanya adalah sedang mengantisipasi hal buruk atau sedang memikirkan hal-hal buruk yg mungkin terjadi,” jelas Tara.

So, gimana? Kalian sudah paham, kan, perbedaannya? Jadi, kalau kamu atau anggota keluarga mengalami sesak napas, jangan langsung menyimpulkan atau mendiagnosa, ya! Perhatikan terlebih dulu, tapi harus tetap waspada.(sumber : gadis.co.id)

Next Post

Terkuak Sudah 6 Stadion yang Ditetapkan PSSI untuk Gelar Piala Dunia U-20 2021

Sat Jun 27 , 2020
Jakarta – PSSI selaku otoritas tertinggi di sepak bola Indonesia menetapkan enam stadion yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. “Surat untuk enam stadion tersebut sudah masuk ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (26/6) malam. […]

Headline

Category