ASN Pemkab Sergai Positif Covid-19

Sergai-Jumlah pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) setiap harinya terus bertambah, Begitupun di jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), kali ini
virus asal Wuhan tersebut menjangkiti seorang ASN Pemkab Sergai berinisial LA, wanita berusia 50 tahun.

Saat dimintai keterangan di Posko Gugus Tugas, Jumat (29/05/2020), Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menyampaikan jika sesuai dengan kronologis yang diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, pada tanggal 22 Mei lalu, korban ditugaskan mengambil logistik untuk kantornya sekaligus melaksanakan pemeriksaan swab secara mandiri.

“ Sesuai hasil PCR test yang disampaikan oleh Dinkes Provinsi Sumut hari ini, yang bersangkutan dinyatakan positif terjangkit Covid-19,” sebut Akmal.

Akmal melanjutkan, Tim Gugus Tugas lewat Dinas Kesehatan segera melaksanakan prosedur penanganan dan aksi preventif mengingat LA tetap beraktivitas di beberapa lokasi selama rentang waktu pengambilan sampel Swab hingga hasil tes dirilis.

“ Sejak awal pengambilan sampel pada 22 Mei lalu sampai tanggal 28 Mei semalam, korban tetap menjalankan aktivitas seperti biasa di kediaman dan di Dinasnya, termasuk salah satunya mengikuti rapat di kantornya. Untuk itu sudah dilakukan penetapan status Orang Tanpa Gejala (OTG) dan dilaksanakan rapid test pada orang-orang yang menjalin kontak dengan korban,” ungkap Akmal.

Selanjutnya, tambah Akmal, segera dilakukan prosedur disinfeksi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di kantor dinas dan sekitaran lingkungan kerja korban.“ Sesuai dengan data, sudah dilakukan juga pengambilan sampel Swab terhadap 30 orang yang menjalin kontak dengan LA dan selanjutnya dilakukan edukasi melalui corong informasi kepada masing-masing OPD, untuk memerintahkan ASN membersihkan tempat kerja masing masing,” sebutnya lagi.

LA merupakan penduduk kota Medan Sumatera Utara, meski bekerja di Sergai dan telah ditetapkan sebagai OTG namun tidak masuk dalam peta sebaran Covid-19 Kabupaten Sergai.

Hal ini tentu memprihatinkan,namun Tim Gugus Tugas akan terus menjalankan fungsi penanganan dan pencegahan pandemi semaksimal mungkin. Kami juga tidak lelah mengingatkan masyarakat untuk total disiplin menjalankan protokol kesehatan. Kesungguhan masyarakat sangat menentukan keberhasilan dalam menuntaskan tantangan ini,” pungkas Akmal. (sumber : mediasumutku.com)

Next Post

Pedoman Belajar dari Rumah Secara Daring-Luring Kemendikbud

Sat May 30 , 2020
Belajar dari Rumah atau BDR dalam masa darurat virus corona Covid-19 sudah berjalan sekitar tiga bulan. Selama itu, para murid dari berbagai tingkat menjalani belajar dalam jaringan atau daring dan luar jaringan atau luring yang diatur dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat […]

Headline

Category