Pendaftaran Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id Ditutup 16 April 2020

Pendaftaran Kartu Prakerja di prakerja.go.id gelombang pertama dibuka mulai 11 hingga 16 April 2020 pukul 16.00 WIB, demikian menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Masyarakat sudah dapat membuat akun. Caranya sesuai panduan yang telah diberikan pemerintah.

Airlangga menyatakan pendaftaran program ini terbuka 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Dengan demikian, masyarakat bisa mendaftar kapan pun.

Ada 164 ribu peserta yang akan diterima pada gelombang pertama, dibuka mulai sekarang sampai Kamis 16 Maret pukul 16.00 WIB.

“Setelah pukul 16.00 WIB akan masuk gelombang berikutnya,” kata Airlangga dalam konferensi pers bersama wartawan, Sabtu (11/4/2020).

Masyarakat harus memenuhi beberapa syarat. Antara lain, sudah berumur minimal 18 tahun dan tidak sedang sekolah maupun tidak sedang bekerja.

Setiap orang akan diberi kode unik 16 angka yang mewakili Kartu Prakerja digital. Mereka akan memperoleh uang senilai Rp3,55 juta. Rinciannya, biaya pelatihan Rp1 juta untuk 3 kali kursus, lalu Rp2,4 juta untuk bantuan manfaat yang dibagi 4 bulan, dan Rp150 ribu untuk insentif pengisian survei yang dibagi tiga kali pencairan.

Ia juga mengingatkan kalau kartu ini memiliki tenggat waktu berlaku, yaitu hanya bisa digunakan sampai 31 Desember 2020. Dengan demikian, biaya manfaat senilai Rp1 juta harus segera dihabiskan untuk mengikuti pelatihan. Saldo juga akan hangus bila kartu tidak digunakan pada modul pelatihan pertama.

“Bantuan pelatihan akan hangus bila dalam 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan,” ucap Airlangga.

Sebelum melakukan pendaftaran, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu Cara daftar akun Kartu Prakerja cukup mudah. Anda bisa memakai email aktif. Berikut panduannya: 1. Masukkan nama lengkap, email, dan kata sandi

  1. Klik Daftar.
  2. Selanjutnya verifikasi email.
  3. Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.
  4. Pendaftaran berhasil. Anda berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Setelah mendaftar, Anda bisa login ke akun Kartu Prakerja dengan membuka laman www.prakerja.go.id, kemudian:

  1. Klik Login atau Masuk pada Laman Depan.
  2. Masukkan email dan kata sandi akun kamu. Klik Login.
  3. Berhasil masuk ke akun.

Tahap Pendaftaran Kartu Prakerja Setelah berhasil daftar akun Kartu Prakerja dan login akun, masuk ke Dashboard akun, kemudian ikuti langkah berikut ini:

  1. Isi verifikasi KTP Anda.
  2. Klik Berikutnya.
  3. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP.
  4. Lakukan Verifikasi Telepon dan Klik Kirim.
    Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, Anda wajib melakukan deklarasi survey. Selanjutnya, Anda wajib melakukan tes . Setelah selesai tes, pendaftaran Anda sedikit lagi selesai, Anda tinggal ikut seleksi batch, pilih batch yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili. Tahap pendaftaran Anda selesai dan tinggal menunggu proses evaluasi pendaftaran. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi apakah Anda lolos atau bisa ikut batch yang Anda pilih di Dashboard akun. (sumber berita&gambar : tirto.id)

Next Post

Jokowi Minta Pengusaha Tidak PHK Pegawai saat Pandemi COVID-19

Thu Apr 16 , 2020
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar pengusaha tidak mem-PHK pegawai di tengah pandemi COVID-19. Imbauan ini sebagai respons atas gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi virus Corona. “Kita harus sadar bahwa tantangan yang kita hadapi tidak mudah, kita harus hadapi bersama-sama. Saya mengajak pengusaha untuk berusaha keras mempertahankan […]

Headline

Category