Glenn Fredly Meninggal karena Meningitis, Ini 8 Gejalanya pada Anak

Oleh Adelia Titah

Kabar duka tengah menyelimuti dunia hiburan tanah air. Pada Rabu (8/4) tersiar kabar bahwa pelantun lagu “Pada Satu Cinta”, Glenn Fredly, meninggal dunia. Diketahui Glenn Fredly meninggal di RS Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan, akibat penyakit meningitis.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), meningitis adalah peradangan pada meninges, selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Ini dapat disebabkan oleh berbagai organisme yang meliputi bakteri, jamur, atau virus. Bahkan, WHO menetapkan bahwa meningitis ini mengancam jiwa!

Lantas, apa yang terjadi jika meningitis terjadi pada anak-anak? Dilansir laman meningitis.org, berikut gejala meningitis pada anak.

  1. Demam dan atau muntah
    Gejala meningitis sebenarnya terjadi akibat dua hal, yakni virus dan bakteri. Namun, gejala di atas akibat bakteri. Gejala tersebut sebenarnya lebih jarang terjadi, namun lebih serius. Jika tidak segera ditangani, radang jenis ini dapat menyebabkan kerusakan otak, bahkan kematian.
  2. Sakit kepala parah
    Meski jadi gejala khas meningitis, sakit kepala bisa juga disebabkan oleh banyak hal. Bisa saja si anak salah posisi tidur dan akibatnya cedera. Namun, sebagai upaya waspada, periksa ke dokter merupakan langkah terbaik. Ini akan meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.
  3. Tidak suka cahaya terang
    Waspadalah apabila saat melihat cahaya, anak sering menyipitkan mata atau bahkan mencoba menutupi bagian matanya. Gejala ini sama dengan fotofobia, kondisi saat seseorang juga sensitif terhadap cahaya.

Hal ini terjadi karena peradangan pada saraf optik di belakang mata. Namun, untuk mendapat hal yang pasti, memeriksakan anak ke dokter merupakan langkah terbaik.

  1. Sulit bangun, bahkan sangat mudah mengantuk
    Hal ini mungkin dianggap sepele bagi sebagian orangtua. Kebanyakan dari mereka akan berpikiran bahwa sulit bangun dan mudah mengantuk merupakan tanda bahwa anak kecapekan. Hmm, begitukah? Namun, coba ingat-ingat, apakah anak kerap seperti itu sebelumnya? Apabila ya, mungkin benar kecapekan. Bagaimana jika tidak?
  2. Ruam pada tubuh mana pun
    Ruam menjadi lebih jelas saat infeksi menyebar. Ruamnya pun bisa menyerupai memar besar. Hal ini karena banyaknya pendarahan di bawah kulit yang akhirnya menimbulkan bintik-bintik yang berubah menjadi merah tua atau ungu tua.

Namun, tahukah kamu? Tidak semua yang menderita meningitis akan mengalami ruam. Hmm, semakin waspada, ya!

  1. Kekakuan pada leher
    Jangan khawatir dulu. Apabila anak merasakan kekakuan di lehernya, ingat-ingat dahulu apakah ia sebelumnya bermain sesuatu yang menyebabkannya terlalu lama menundukkan lehernya? Bisa saja, ia bermain HP seharian. Alhasil, terjadilah kekakuan leher. Tetap waspada saja. Gejala ini tidak umum terjadi pada anak-anak kok.
  2. Bingung atau mengigau
    Akhir-akhir ini, kamu merasakan bahwa buah hati sering kebingungan atau mengingau? Waspada! Bisa jadi, si anak tengah mengalami gejala meningitis. Segera periksakan, ya, agar penanganan bagi buah hati tidak terlambat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebugaran tubuh anak.
  3. Mengalami kejang
    Pada saat anak mengalami kejang, biasanya hal tersebut disertai dengan demam. Selain itu, kadang juga diikuti dengan penurunan kesadaran si anak. Jika sudah begitu, segera bawa ke klinik terdekat. Karena apa? Kadang banyak yang terkecoh jika kejang merupakan tanda epilepsi. Hmm, tidak bisa membayangkan jika telat sedikit saja.

Nah, itulah delapan gejala meningitis pada anak. Jika muncul gejala-gejala yang tidak diinginkan, lekas periksa ke dokter, ya. So, sebagai orangtua yang waspada, awasi dan selalu peka terhadap kondisi anak, ya. Itu karena anak adalah titipan yang sangat berharga dari Tuhan. (sumber berita & gambar : idntimes.com)

Next Post

Cegah Penyebaran Covid-19, Kapolda Sumut Laksanakan Rakor Dengan MUI Sumut

Sat Apr 11 , 2020
Tribratanews.sumut.polri.go.id – Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin,M.Si didampingi Pejabat Utama Polda Sumut melaksanakan rapat koordinasi bersama MUI Prov. Sumut bertempat di kantor MUI Prov. Sumut Jl. Sutomo Ujung Medan, Senin (06/04/2020). Setibanya di Kantor MUI, Kapolda Sumut dan rombongan langsung disambut oleh Ketua Umum MUI Sumut H. Abdullah […]

Headline

Category