Indonesia dan Uzbekistan Sepakat Bentuk Kelompok Kerja Bersama

mediasumutku.com|MEDAN- Indonesia dan Uzbekistan sepakat membentuk Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group/JWG) untuk memaksimalkan hubungan ekonomi kedua negara. Dengan JWG tersebut, diharapkan Indonesia dan Uzbekistan dapat mengatasi hambatan dan mencari peluang memperoleh nilai tambah yang besar dari potensi masing-masing negara.

Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional Arlinda mengatakan, kedua negara sepakat membentuk JWG yang menyusun sektor dan bidang usaha yang perlu dikerjasamakan dan membuat perencanaan yang lengkap dengan target dan jadwal kegiatan.

“Kelompok kerja ini diharapkan akan bekerja harian, konkret, dan segera,” urai Arlinda, Rabu (26/5/2021).

JWG tersebut, lanjut Arlinda, akan terdiri atas Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, sejumlah kementerian teknis dan lembaga terkait lainnya serta dunia usaha.

Kelompok kerja Indonesia diusulkan dipimpin Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sementara kelompok kerja Uzbekistan dipimpin Wakil Perdana Menteri/Menteri Investasi dan Perdagangan Luar Negeri Uzbekistan Umurzakov Sardor Uktamovich.

Arlinda menambahkan, forum bilateral yang sudah ada seperti Komite Konsultasi Bilateral (KKB) Indonesia-Uzbekistan dan Joint Commission Indonesia-Uzbekistan dan Policy Planning Consultation dianggap belum cukup.

“Untuk lebih mendorong perdagangan dan peningkatan ekonomi kedua negara, diperlukan mekanisme yang lebih best practice yang juga melibatkan lintas sektor, baik kementerian/lembaga maupun dunia usaha,” ujarnya.

KKB Indonesia-Uzbekistan dipimpin pejabat setingkat Deputi Menteri/Dirjen Kementerian Luar Negeri kedua negara. Pertemuan terakhirnya adalah pertemuan ke-8 yang dilaksanakan secara daring pada 23 Juli 2020 silam.

“Untuk mempercepat kerja-kerja teknis, rencananya akan segera ditunjuk unit Eselon I di Kemendag untuk menindaklanjuti pembentukan dan pelaksanaan JWG tersebut. Kerjasama Indonesia dan Uzbekistan ini diharapkan akan berjalan lebih baik, termasuk bidang perdagangan dan ekonomi,” pungkas Arlinda.(MS11)

Next Post

Harun Mustafa Terpilih Jadi Ketua IMI Sumut

Thu May 27 , 2021
mediasumutku.com | MEDAN – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) Harun Mustafa Nasution terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Periode 2021-2025 dalam Musyawarah Provinsi (Musprov), Rabu (26/5), di Hall Ballroom Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan. Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengharapkan, […]

Category