Mendagri Minta Kepala Daerah Larang Kegiatan Open House Lebaran

mediasumutku.com|JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta, kepada para gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia agar mengambil langkah-langkah untuk melakukan pembatasan buka puasa bersama dan pelarangan open house pada saat maupun setelah lebaran.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House/Halalbihalal pada Hari Raya Idulfitri 1442 H/Tahun 2021, yang ditandatangani Mendagri pada Selasa (4/5/2021).

“Diminta kepada Saudara Gubernur, Bupati/Wali Kota mengambil langkah-langkah, seperti, melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama, tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah lima orang selama Bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2021, menginstruksikan kepada seluruh pejabat/ASN di daerah, dilarang melakukan open house/halalbihalal dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1442 H/Tahun 2021,” tegas Tito dalam edarannya.

Tito menyebutkan, surat edaran ini dikeluarkan setelah mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19 khususnya pada perayaan Hari Raya Idulfitri tahun lalu serta pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021. Oleh karena itu, para kepala daerah perlu melakukan antisipasi pelaksanaan kegiatan selama Bulan Ramadan serta menjelang, saat, maupun pasca Hari Raya Idulfitri.

Dengan terbitnya edaran ini, maka SE Mendagri terkait hal serupa yang dikeluarkan pada 3 Mei 2021 dengan Nomor 450/2769/SJ dan SE Nomor 800/2784/SJ pada tanggal 4 Mei 2021, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. (ms7)

Next Post

Jeanice Christella Halim Dapat Beasiswa di Tunghai University

Thu May 6 , 2021
mediasumutku.com | MEDAN – Jeanice Christella Halim, tak mau kalah dengan teman-temannya lulusan PrimeOne School Medan. Putri pasangan Frederick Charly Halim & Chenniewaty ini berhasil lulus di Tunghai University, Taiwan dengan jurusan Computer Science : Artificial Intelligence Division. Jeanice memperoleh beasiswa sebesar 100,000 NTD (atau sebesar Rp 50 juta) per […]

Category