Peduli Pendidikan, FJPI dan XL Bantu Akses Internet Sekolah Anak Pinggiran

mediasumutku.com|MEDAN-Pandemi covid-19 berdampak terhadap pendidikan, terutama bagi anak-anak di kawasan pinggiran. Keterbatasan biaya untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi penyebab banyaknya anak yang saat ini tidak mampu untuk melanjutkan sekolah.

Untuk itu, sebagai wujud peduli kepada pendidikan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara bekerjasama dengan XL Axiata menggelar program peduli pendidikan anak pinggiran dengan memberikan donasi berupa router XL Home program Gerakan Donasi Kuota (GDK).

Penyerahan donasi untuk tiga komunitas yang konsern terhadap anak-anak di pinggiran kota Medan dan Deliserdang, yakni Kopasude, Rumah Literasi Ranggi dan Solidaritas Generasi Cerdas (SGC), digelar di Rumah Literasi Ranggi, Komplek PWI Sumut, Rabu (24/3/2021).

Ketua FJPI Sumut, Lia Anggia Nasution mengatakan, ini merupakan bagian dari program bakti sosial FJPI. Menurutnya, sebagai jurnalis FJPI tidak hanya konsern dalam peningkatan kapasitas dan kualitas jurnalistiknya, tapi juga turut berempati dan peduli terhadap permasalahan masyarakat khususnya perempuan dan anak.

“Sebagai jurnalis kita tentu lebih peka untuk mendengar permasalahan di kalangan masyarakat, terutama yang terkait dengan permasalahan perempuan dan anak. Oleh karenanya, FJPI memiliki keinginan tidak hanya sekadar memberi informasi atau memberitakan tapi juga berupaya untuk ikut membantu masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Anggi mengharapkan, bantuan donasi ini dapat bermanfaat untuk kebutuhan akses internet PJJ bagi anak-anak di pinggiran kota Medan dan Deliserdang.

“Seperti diketahui Kopasude merupakan komunitas yang konsern terhadap anak-anak di pinggiran sungai, Solidaritas Generasi Cerdas (SGC), lembaga yang konsern terhadap anak-anak di pinggiran rel Kereta Api di Medan Marelan, sedangkan Rumah Literasi sebagai lembaga yang baru berdiri konsern terhadap peningkatan literasi baca anak-anak di kawasan Deliserdang,” ujarnya.

Aldi Desmet (XL Axiata), Regional Corporate Communication West Region, mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian XL Axiata dalam membantu masyarakat Indonesia.

“Bersama Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, kami berharap donasi yang diberikan dapat membantu akses internet anak-anak dan para pengajar. Semoga fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) oleh para pelajar di beberapa tempat ini. Selain itu, dengan semakin banyaknya BTS 4G kami yang mengalami peningkatan kapasitas di area ini, kami optimis bantuan ini bisa bermanfaat bagi para pelajar dan anak-anak pinggiran,” sebutnya.

Khairiah Lubis, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FJPI, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh XL Axiata pada FJPI Sumut dan yang diberikan pada para penerima donasi. “Semoga ini bermanfaat dan kerjasama ini bisa terus berlanjut,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, salah satu penerima donasi yakni, Ranggini, selaku Owner Rumah Literasi Ranggi mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua yang telah hadir dan partisipasi XL Axiata di Rumah Literasi Ranggi.

“Alhamdulillah anak-anak disini sudah bisa menggunakan wifi gratis. Terima kasih atas kepedulian XL Axiata semoga paket internet ini koneksinya bagus gak putus nyambung,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, FJPI Sumut bekerjasama dengan XL Axiata memberikan donasi berupa router XL HOME program Gerakan Donasi Kuota (GDK) dengan kuota Gratis 20GB setiap bulan selama 1 tahun untuk mengakses internet bagi anak-anak yang belajar online maupun mencari informasi tentang pelajaran maupun pengetahuan.

Akses internet bisa dilakukan secara bersamaan menggunakan 32 perangkat smartphone atau laptop. Gerakan Donasi Kuota memfasilitasi sebagian besar sekolah yang berada di dalam area jangkauan layanan data XL Axiata. (ms7)

Next Post

28 Klub Ikuti Kongres PSSI Asahan

Thu Mar 25 , 2021
mediasumutku.com | ASAHAN –Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, membuka Kongres Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Asahan bersama dengan 43 anggota dan 28 klub anggota di Kisaran, Rabu (24/3/2021). Kongres kali ini diikuti oleh 43 Anggota ASKAB PSSI Asahan yang terdiri dari 28 klub sebagai pemegang suara […]

Category