Puluhan Akun Medsos Potensi Langgar UU ITE, Virtual Police Langsung Kirim Teguran

mediasumutku.com|JAKARTA-Virtual Police yang tengah dijalankan Bareskrim Polri sudah mengirim teguran ke 21 akun media sosial (medsos). Teguran itu diberikan terkait potensi pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Data itu dijelaskan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (1/3/21). “Ya benar sudah 21 akun,” terang Kadiv Humas Polri.

Kadiv Humas Polri mengatakan, berbagai akun itu kebanyakan ditegur karena mengunggah konten yang berbau provokasi. Ketika mendeteksi hal tersebut, Virtual Police menjalankan tugasnya untuk melakukan teguran. Dalam hal ini, kebanyakan unggahan yang ditegur oleh polisi di dunia siber tersebut berasal dari media sosial Twitter.

“Provokasi ya (alasan teguran). Belum terkonfimasi (sudah dihapus semua atau tidak),” ungkap Irjen Pol. Pol. Argo Yuwono.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, memberikan gagasan soal Virtual Police berkenaan dengan penanganan pelanggaran pidana terkait dengan UU ITE. Teguran yang dikirim ke pemilik akun sudah melalui proses kajian yang melibatkan ahli bahasa, ahli pidana, hingga ahli ITE.

Next Post

Polri Ungkap Modus Pendanaan Teroris, Setiap Gaji Anggota Setor Lima Persen

Wed Mar 3 , 2021
mediasumutku.com|JAKARTA-Polri berhasil mengungkap sumber pendanaan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Karo Penmas Divhumas Polr Brigjen Pol. Rusdi Hartono, mengatakan, bahwa JI mewajibkan iuran sebesar lima persen dari pendapatan anggotanya. Menurut Brigjen Pol. Rusdi, iuran tersebut digunakan untuk memberikan dukungan pendanaan aktivitas organisasi teroris itu. Sehingga dapat tetap berjalan hingga sekarang. […]

Category