Ikuti Program Kapolri, Polres Sergai Resmikan Kampung Tangguh

mediasumutku.com|SERGAI-Mapolres Serdang Bedagai dibawah pimpinan AKBP Robin Simatupang terus menggalakkan kampung tangguh di setiap desa khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Untuk itu, Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang diwakili Wakapolres Kompol Sofyan kembali meresmikan Kampung Tangguh, tepatnya Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (18/2/2021).

Dalam amanat Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang yang dibacakan Wakapolres Kompol Sofyan mengatakan, hal itu sesuai dengan target program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, dalam mengembangkan kampung tangguh untuk penanganan Covid-19 di seluruh daerah tingkat desa dan kelurahan.

“Kita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Sei Rampah dan Kepala Desa Cempedak Lobang atas terbentuknya Kampung Tangguh di Desa Cempedak Lobang sebagai percepatan ketahanan dan penanganan Covid-19. Hingga saat ini kita masih berjuang dalam melawan Corona virus yang telah melanda lebih kurang 1 tahun lamanya,” sebut Kapolres.
Menurut Robin, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam program 100 hari kerjanya ada 16 program kerja yang mana pada poin 14 tingkatkan dan kembangkan program Kampung Tangguh untuk penanganan Covid-19 di seluruh daerah tingkat desa / kelurahan.
“Dengan terbentuknya Kampung Tangguh tersebut daerah akan menjadi tangguh dalam penanganan Covid-19, tangguh dalam ketahanan pangan dan tangguh dalam segi keamanan,” ungkap Kapolres.
Dia menambahkan, guna menindaklanjuti 100 hari program kerja Kapolri, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memerintahkan seluruh wilayah di Sumatera Utara agar membentuk sebanyak-banyaknya desa atau kelurahan menjadi Kampung Tangguh untuk membantu percepatan penanganan Covid-19.
Dalam hal ini, sebut AKBP Robin, ia sebagai Kapolres Sergai telah melakukan rapat koordinasi dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sampai tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan serta para tokoh masyarakat untuk membuat 10 Kampung Tangguh di masing-masing Kecamatan.
“Saat ini Kampung Tangguh yang ada di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai sudah terbentuk sebanyak 10 Kampung Tangguh. Dimana, sebelumnya kampung tangguh terakhir kali diresmikan di Dusun Durian Desa Melati II Kecamatan Perbaungan pada 11 Februari 2021 lalu. Kita bersyukur, Kampung Tangguh Desa Bertuah yang ada di Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan mendapatkan peringkat pertama se Sumatera Utara,”jelasnya.
Setelah peresmian Kampung Tangguh di Desa Cempedak Lobang ini akan diresmikan kembali Kampung Kampung lainnya minimal 10 Kampung Tangguh setiap Kecamatan.
Sementara itu, Plh Bupati Sergai, M. Faisal Hasrimy diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sergai, Nina Deliana, mengaku, Pemkab Sergai siap mendukung program Kampung Tangguh di Sergai.
“Ini merupakan program nasional dan perintah langsung Kapolri untuk seluruh desa/kelurahan, harus menjadi kampung tangguh. Karena untuk penanganan Covid-19 adalah kebersamaan dari tingkah bawah hingga seluruh pihak, “ujarnya.
Nina meminta, kepada Organisasi Perangkat Daerah) terkait khususnya Dinas PMD harus membentuk kampung tangguh di setiap Desa/Kelurahan, bukan hanya untuk penanganan Covid-19, tapi menjadi persiapan agar rumah tangga tetap tangguh dan hingga lingkungan juga tangguh.
Sementara itu, Kepala Desa Cempedak Lobang Edy Muslih dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Sergai yang telah meresmikan Kampung Tangguh di Desa Cempedak Lobang.
“Kami siap mendukung program Kapolri dalam membentuk Kampung Tangguh untuk penanganan Covid-19 khusus nya di Kabupaten Serdang Bedagai,”ungkapnya.

Turut hadir pada peresmian kampung tangguh tersebut, anggota DPRD Sergai Darmalina Saragih, Kasubbag Humas AKP Sopian, para Kepala OPD, Forkompincam Sei Rampah plus, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. (MS6)

Next Post

Kapolri Perintahkan Seluruh Jajaran Agar Usut Tuntas Kasus Mafia Tanah

Fri Feb 19 , 2021
mediasumutku.com|JAKARTA-Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk tidak ragu mengusut tuntas kasus tindak pidana mafia tanah di seluruh Indonesia, Kamis (18/2/21). Hal ini sejalan dengan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang fokus untuk memberangus adanya praktik tindak pidana mafia tanah di Indonesia. […]

Category