Backlog Perumahan di Indonesia Masih Cukup Tinggi

Backlog perumahan di Indonesia untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) masih cukup tinggi, namun dukungan alokasi dana subsidi dari pemerintah cenderung menurun.

Kondisi ini pun akan mempengaruhi program sejuta rumah (PSR) yang terancam gagal jika penambahan kuota fasilitas likuidasi pembiayaan properti (FLPP) yang saat ini menipis tidak segera dicairkan.

“Backlog rumah didominasi oleh segmen masyarakat berpenghasilan Rp7 juta ke bawah, sementara dana alokasi perumahan untuk segmen ini masih sangat terbatas,” kata Plt. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Properti, Setyo Maharso di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Dijelaskan Setyo, dana alokasi FLPP untuk MBR pada tahun 2020 turun sangat drastis jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Secara garis besar untuk tahun 2020 hanya tersedia 86 ribu unit rumah, padahal di tahun 2019 mencapai 283 ribu unit rumah,” jelasnya.

Oleh karena itu, Kadin bersama seluruh stakeholder telah mencari beberapa solusi yang nantinya akan diserahkan sebagai bahan masukan bagi pemerintah antara lain, Pertama, pengalihan dari dana bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) dan subsidi bantuan uang muka (SBUM) menjadi mekanisme Subsidi Selisih Bunga (SSB) untuk tahun 2020. Pengalihan ini akan menambah bantuan sebesar 128.125 unit.

Kedua, dana APBD yang mengendap bisa menjadi alternatif pembiayaan yang bisa dikembangkan. “Dana pemerintah pusat yang mengendap di rekening Pemda hingga Rp186 triliun bisa ditarik ke pusat 10%, yakni Rp18,6 triliun bisa dialihkan ke perumahan sederhana,” ungkap Setyo.

Ketiga, optimalisasi peranan BPJS Tenagakerjaan (BPJS TK) dan Sarana Multigriya Finance (SMF) untuk perumahan yang perlu didorong, karena selama ini porsi penyalurannya masih sedikit.

Next Post

Danrem: Kalau Mau Maju, Harus Berkarakter

Sat Jan 25 , 2020
Danrem 083/Baladhika Jaya mendorong semangat para pelaku media untuk memiliki karakter maju. Itu dikatakan oleh Kolonel Inf Zainuddin ketika menghadiri rapat akbar salah satu media yang digelar di sebuah Hotel di kawasan Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (23/01/2020). “Bukan cuma pelaku media, tapi semua masyarakat supaya bisa menguatkan karakternya masing-masing. […]

Category