Hanya Teralokasi Sebesar 11 Triliun Dari 29 Triliun Untuk Rumah Subsidi

Tahun 2020 kuota rumah bersubsidi diperkirakan akan habis pada bulan April 2020 lantaran pengusaha hanya punya alokasi Rp11 triliun setara 86 ribu unit rumah dari total kebutuhan Rp29 triliun atau 260 ribu unit.

Pengusaha pun mengusulkan alternatif untuk memenuhi kekurangan kuota ini. Salah satunya adalah pengalihan subsidi LPG 3kg yang belakangan disebut pemerintah tak tersalurkan tepat sasaran.

“Tentu banyak subsidi pemerintah yang harus dievaluasi. Itu kenapa kami ke komisi VII. Di Migas misal gas dan sebagainya kalau tidak tepat sasaran alangkah baiknya digeser untuk subsidi perumahan,” ucap Plt. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Setyo Maharso dalam konferensi pers di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Setyo bilang usulan ini hanya ditujukan bagi penyaluran gas subsidi yang tidak tepat sasaran saja. Ia bilang pengusaha memahami kalau subsidi gas ini memengaruhi hajat hidup orang banyak. Namun, ia mengatakan usulan ini bukan satu-satunya.

Di samping itu, pengusaha juga mengusulkan adanya pengalihan bantuan, sarana, dan utilitas (PSU) dan subsidi bantuan uang muka (SBUM) menjadi subsidi selisih bunga (SSB) untuk menambal kekurangan kuota Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

“Pengalihan ini akan menambah bantuan sebesar 128.125 unit,” ucap Setyo. Ia bilang usulan pengalihan PSU dan SBUM ini akan menjadi yang pertama dicoba sebelum beranjak pada usulan subsidi gas dan alternatif lainnya.

Di samping kedua solusi ini, ia juga mengusulkan agar pemerintah memanfaatkan dana pemerintah daerah yang mengendap di rekening kas umum. Dari total dana mengendap sebanyak Rp186 triliun, ia bilang 10 persennya saja atau Rp18,6 triliun sudah bisa membantu lantaran jumlahnya setara kekurangan kuota hari ini yaitu Rp18 triliun.

Next Post

Gotong-royong Bersihkan 5 Vihara, Polres Tanjungbalai Sambut Perayaan Imlek 2571

Fri Jan 24 , 2020
Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2571/2020 Masehi, Polres Tanjungbalai melaksanakan gotong-royong membersihkan 5 vihara di wilayah hukumnya. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tanjungbalai, bersama unsur TNI, Pemko Tanjungbalai, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tanjungbalai dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di kota tersebut, Kamis, (23/01/2020). Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yuda Prawira […]

Category