Kapolrestabes Medan Rapat Koordinasi Penanggulangan Banjir Bersama Jajaran Pemko Medan


Penanggulangan bencana rawan banjir di Kota Medan harus dilakukan dengan baik dan bijaksana. Sehingga tidak ada lagi rumah-rumah warga terendam banjir. Demikian dikatakan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir SIK MTCP, pada rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Rawan Banjir di Medan yang digelar di Rupatama Polrestabes Medan, Kamis (09/01/2020) sore.

Hadir dalam kegiatan itu Wakapolrestabes Medan, Para PJU Polrestabes Medan, Para Kapolsek, BPBD Deli Serdang, Camat, Pemda Kota Medan, Kadis Sosial, PLN UP3 Medan, PMI Kota Medan, BMKG, Dinkes dan Damkar.

Kombes Jhonny meminta, seluruh stake holder bersama yaitu melakukan pergeseran personel, perencanaan, bagaimana SOP, sasaran tepat tentang bencana alam. “Lakukan pemetaan daerah rawan terjadi banjir, misalnya rawan banjir biasa terjadi di Kelurahan Silalas dan Sei Agul Glugur Helvetia, Tanjung Gusta, Medan Selayang, Medan Sunggal, Pancur Batu, Sembahe, Tuntungan dan lain-lain,” pintanya.

Selain itu, jumlah Sungai 19 di Kota Medan sangat berpotensi misal Sungai Babura, tanah longsor di Sibolangit dan Sembahe. “Tentunya berbicara banjir, kita perlu mendata sungai mana yang tersumbat, penanganan banjir ada yang urgent, short time dan long time,” sambungnya.

Karena itu, lanjutnya, masing-masing di tingkat kecamatan bersama-sama menyiapkan tempat wilayah rawan, kemudian poskonya dimana (Camat dan Kapolsek), berapa masyarakat yang membutuhkan bantuan dan apa yang dibutuhkan, kemudian sarananya. “Sehingga dengan adanya kordinasi yang baik tersebut, persoalan dapat ditangani sesuai prosedur,” ungkapnya.

Terkait kesiapan bersama., Kapolrestabes Medan meminta koordinasi dan melaksanakan apel di sana, dan lakukan pelatihan di sana. “Jadi sudah tau menguasai wilayah dan menunjukkan bahwa pemerintah sudah hadir di sana apabila bencana banjir terjadi. Gelar kesiapan di titik titik banjir, menyesuaikan dimana titik, lakukan simulasi kering,” tandasnya.

Next Post

Prajurit TNI dan Warga Dirikan Bak Penampung Air di Desa Tehoru Maluku

Fri Jan 10 , 2020
Guna mengatasi kekurangan air bersih, Prajurit TNI Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti (Yonif RK 136/TS) yang tergabung dalam Satgas Ops Pamrahwan Maluku, bergotong royong bersama warga mendirikan bak penampungan air bersih di Komplek Tehoju Dalam, Desa Tehoru, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, pada Rabu (08/01/2020). Dansatgas Yonif RK 136/TS […]

Category