Ambil Sumpah 103 Kepala Desa, Bupati Tobasa: Jabatan adalah Pengabdian Bukan Menonjolkan Kekuasaan


Sebanyak 103 kepala desa terpilih yang merupakan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) 5 Desember 2019 lalu, resmi dilantik dan diambil sumpah/Janji jabatan secara serentak, awal pekan ini.Pengabilan sumpah Jabatan/janji dan pelantikan ini secara langsung di lakukan Bupati Tobasa Darwin Siagian bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Acara pelantikan ini turut dihadiri Wakil Bupati Hulman Sitorus, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kajari Tobasa Robinson Sitorus, Ketua DPRD sementara Effendi P Napitupulu, Kapolres Tobasa diwakili Kabag Ops Kompol Efendi Sinaga, Dandim 0210/TU diwakili Danramil 17 Balige Kapten Poltak Pardede, Sekretaris Daerah Kabupaten Audi Murphy Sitorus, Ketua dan Wakil ketua TP PKK Kabupaten, Pengusaha St HW Hutahaean, Pimpinan Bank Sumut Cabang Balige Henry Gultom, para Asisten Pemerintahan Umum Harapan Napitupulu, Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar, Para Camat, dan para tokoh Masyarakat, tokoh Agama, toko adat dan keluarga.

Dalam kesempatan ini Bupati Tobasa Darwin Siagian berpesan seluruh kepala desa yang dilantik untuk menghayati sumpah atau janji yang telah diucapkan.”Sebab ini akan dipertanggung jawabkan dihadapan masyarakat, Pemerintah dan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Bupati dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Rabu (01/01/2020).

Bupati juga menyampaikan bahwa dengan jabatan yang dimiliki bukan berarti mendapatkan kemudahan atau keuntungan tetapi menjadi pelayan masyarakat sebagai kewajiban, bukan berarti menjadi pelayan yang mendapatkan keuntungan atau hak.Dia menambahkan jabatan adalah pengabdian bukan menonjolkan kekuasaan.

Bupati juga menekankan kepada para Kepala Desa yang dilantik bahwa jabatan kepala desa adalah pilihan rakyat, di mana masyarakat memberikan kepercayaan supaya bisa membangun desanya, untuk itu pahami tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa. “Pembangunan di Kabupaten tidak akan berhasil tanpa kepala desa, minta kepala desa serius bekerja.Sebentar lagi akan ada perubahan nama Kabupaten Tobasa berubah menjadi Kabupaten Toba,” terang Bupati.

Kepala Dinas PMDP dan PA Henry Silalahi meyebutkan, 103 kepala desa tersebut masing-masing dari Tampahan 3, Balige 22, Laguboti 10, Silaen 9, Habinsaran 7, Nassau 5, Borbor 4, Siantar Narumonda 6, Porsea 8, Parmaksian 3, Pintupohan Meranti 5, Uluan 9, Bonatua lunasi 5, Lumbanjulu 4 dan Ajibata 3.”Satu orang Kades terpilih dari Desa Meranti Utara tidak ikut dilantik, sehubungan yang bersangkutan sedang sakit,” sebut Henry Silalahi.

Next Post

Lantik PAC dan Ranting PP Selesai, Bupati Langkat Ajak Kembangkan Potensi Pemuda

Thu Jan 2 , 2020
Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) beserta Ranting Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Priode 2019-2022 dilantik oleh Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Langkat Terbit Rencana PA, disaksikan Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) PP Langkat H Ngogesa Sitepu. Ditandai penyerahan bendera pataka oleh Bupati dan pembacaan SK pelantikan oleh Sekjen […]

Category