Jelang Tahun Baru, Arus Lalulintas Masih Ramai Lancar


Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumatera Utara (Sumut) Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin menyampaikan, pada H-2 pergantian tahun baru, situasi arus lalulintas pada umumnya dalam keadaan ramai lancar.

Seperti di daerah jembatan wampu, Kabupaten Langkat, kata dia, arus lalulintas masih tetap ramai lancar, meskipun renovasi jembatan masih berjalan.

“Jadi kendaraan dari jalur Medan – Aceh dan sebaliknya masih terpantau lancar dan tidak ada terjadi kepadatan volume kendaraan,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (29/12/2019).

Sementara untuk di jalur Siantar-Prapat dan sebaliknya, jelas dia, juga terpantau masih lancar dan tidak ada kejadian yang menonjol. Kemudian arus lalulintas dari Siantar Medan dan sebaliknya terpantau ramai lancar.

Sedangkan untuk arus lalulintas didaerah Medan-Brastagi dan sebaliknya persis di simpang tiga pemandian air panas sidebu-debu juga masih terpantau lancar.

“Kita juga sudah menyediakan personel di daerah yang berpotensi mengalami kepadatan volume kendaraan. Seperti di jalur wisata, Brastagi dan Prapat, serta Danau Toba,” jelasnya.

Begitupun, untuk pemantauan jalur keluar tol menuju Tebing Tinggi dan menuju Deliserdang, ujar dia, personel sudah terlihat standby dan melakukan pengaturan arus lalulintas. Namun ia tetap mengimbau kepada para pemudik ataupun masyarakat yang hendak berlibur agar diharapkan untuk mengutamakan keselamatan.

“Cek kendaraan dan gunakan kendaraan yang layak jalan. Biar tidak menjadi halangan dan rintangan saat dalam perjalanan,” imbuhnya.

Kemas juga mengakui, jelang perayaan malam pergantian tahun, personel lalulintas dari masing-masing Polres jajaran Polda Sumut telah melakukan pengaturan arus dan pemantauan volume kendaraan yang melintas di jalinsum ataupun jalan kota.

“Kita memang menyiagakan personel di pos pengamanan dan pos pelayanan. Dimana akan bertugas terutama untuk melakukan pengaturan arus lalulintas, mengingat jelang malam pergantian tahun, banyak pengendara yang melakukan liburan,” ucapnya.

Akan tetapi ia menambahkan, hal yang menjadi prioritas dalam pengaturan ini adalah untuk mengimbau kepada para pengendara yang melakukan perjalanan jauh agar mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.

“Apabila merasa lelah dan letih, silahkan berhenti ditempat yang aman. Bisa juga berhenti di pos pam dan pos yan yang sudah disediakan. Karena di sana, ada juga petugas dari kesehatan masing-masing daerah,” pungkasnya.

Next Post

Pemerintah Batal Naikkan Tarif Listrik 900 VA

Mon Dec 30 , 2019
Mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk membatalkan rencana penyesuaian harga (tariff adjusment) pelanggan listrik golongan 900 Volt Ampere (VA) bagi Rumah Tangga Mampu (RTM) yang semula akan dilaksanakan mulai 1 Januari 2020. “Belum (ada kenaikan). Kita jaga kestabilan […]

Category