Bupati Lantik Kepengurusan Perhimpunan Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Labuhanbatu


Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT melantik kepengurusan Perhimpunan Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Labuhanbatu Masa Bakti 2019 s/d 2024 yang diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Labuhanbatu Nomor 430/167/DKOKP-BUD/2019 tertanggal 10 Desember 2019 tentang Pembentukan Perhimpunan Dewan Penasehat dan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Labuhanbatu Masa Bakti 2019–2024 yang dibacakan Charles Sinaga MM dari Disporabudpar Labuhanbatu.

Bupati mengungkapkan, Lembaga ini diharapkan bisa memberikan pengalaman dan ide apa yang akan dilakukan untuk pembangunan di Labuhanbatu. “Mreka yang dilantik adalah tokoh-tokoh adat, mari bersama membangun masyarakat yang lebih baik lagi. Adat istiadat Kabupaten Labuhanbatu akan mulai kami tonjolkan, di sini juga ada Dewan Kesenian, yang telah membuat pentas seni di Lapangan Ika Bina En Pabolo, di tahun ini juga akan diberi dana hibah guna membangun budaya dan adat istiadat di Kabupaten Labuhanbatu,” papar Bupati dilansir dari laman labuhanbatukab.go.id, Minggu (29/12/2019).

Sebelumnya, Tengku Mizwar SP selaku Ketua Umum terpilih mengucapkan terimakasih kepada Bupati atas prakarsanya untuk membentuk lembaga adat dan budaya di Kabupaten Labuhanbatu, semoga lembaga ini menjadikan masyarakat lebih kompak sehingga didapat masyarakat yang harmonis.”Kami sebagai perpanjangan dalam mensosialisasikan program pembangunan baik fisik maupun mental khususnya budaya, harapan kami program beasiswa terus berjalan dan berkelanjutan, kami berusaha menyatukan pandangan sehingga didapat kesepahaman dan keharmonisan di Kabupaten Labuhanbatu,” jelas Tengku Mizwar.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Syahrizal Hasibuan menjelaskan, pelantikan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan dan melestarikan adat budaya etnis yang ada di Labuhanbatu, dan untuk menghimpun 12 etnis sehingga tercipta keharmonisan dalam satu perhimpunan adat dan budaya.”Pelantikan ini juga bermaksud untuk menggali dan memperkenalkan budaya yang ada di Labuhanbatu kepada generasi muda, serta mengantisipasi pengaruh budaya luar yang negatif, memperkuat jati diri bangsa kemudian menjaga kelestarian budaya yang ada,” kata Syahrizal Hasibuan.

Adapun sususan pengurus perhimpunan lembaga adat dan budaya Labuhanbatu masa bakti tahun 2019-2024 yaitu Ketua Umum Tengku Mizwar, Ketua I Muktar Pinem, Ketua II Rudi IR Saragih, Ketua IV Sahbela Hasibuan, Sekretaris Umum Syahrial, Sekretaris I Sabbin Cibro, Sekretaris II Drs Bahder Johan Lumbangaol, Sekretaris III Harry SM, Sekretaris IV Drs Tarmizi Ilyas dan Bendahara Umum, Sugianto serta Wakil Bendahara Dr HC Sujian.

Selanjutnya bidang adat tradisional Arui Zarulo Zega, Ngampuni Tarigan, Untung Brutu dan Hasnan, J Siregar, kemudian, bidang penelitian dan pengembangan sejarah budaya daerah, Drs raden Bresman Sianturi, Datuk Filyansyah, Sudin Sinaga, dan Johny, serta bidang hubungan masyarakat Johan, Sopyan Ibrahim, Rajid dan Jamaluddin.

Next Post

Jelang Tahun Baru, Arus Lalulintas Masih Ramai Lancar

Mon Dec 30 , 2019
Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumatera Utara (Sumut) Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin menyampaikan, pada H-2 pergantian tahun baru, situasi arus lalulintas pada umumnya dalam keadaan ramai lancar. Seperti di daerah jembatan wampu, Kabupaten Langkat, kata dia, arus lalulintas masih tetap ramai lancar, meskipun renovasi jembatan masih berjalan. “Jadi kendaraan dari […]

Category