BPS Langkat Sosialisasi Sensus Penduduk Online di MAN 2 Langkat


Badan Pusat Statistik Kabupaten Langkat melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan sensus penduduk online kepada siswa MAN 2 Langkat, pada Jum’at (20/12/2019) di halaman MAN 2 Langkat.

Sebelum melakukan sosialisasi dihadapan siswa, petugas BPS yang diwakili oleh M Syukur daiterima oleh kepala MAN 2 Langkat, Edi Sahputra MM di ruang kepala madrasah. Dalam penjelasannya, M Syukur mengatakan bahwa tujuan sosialisasi tentang sensus penduduk online kepada siswa adalah agar para siswa memmahami serta bisa menjadi corong penyampaian informasi tentang sensus ini kepada para Orangtua dan masyarakat sekitarnya.

“Siswa SLTA kita anggap telah matang dalam penerimaan informasi. Mereka adalah agen informasi yang sangat potensial untuk meneruskan informasi dari BPS mengenai sensus penduduk online ini kepada orang tua mereka dan pada masyarakat sekitarnya,” ujar petugas BPS Langkat M Syukur.

Selain itu, sambungnya, pihaknya juga berharap agar nantinya para siswa ini dapat berperan aktif. “Paling tidak untuk mengingatkan Orangtua mereka untuk melakukan pendataan penduduk melalui sensus penduduk online yang akan dilaksanakan pada bulan Pebruari dan Maret 2020,” jelasnya.

Sementara itu, Edi sahputra menyampaikan apresiasi atas sosialisasi yang disampaikan oleh BPS tersebut. “Kami akan selalu bersedia memberikan kesempatan bagi lembaga pemerintahan yang ingin menyampaikan informasi atau sosialisasi terhadap program pemerintah. Sebagai lembaga pendidikan, kita juga berharap agar siswa kita melek informasi terhadap program pemerintah,” katanya.

Dia berharap, para siswa juga dapat menjadi penyampai informasi tersebut kepada orang lain yang ada di sekitarnya, termasuk Orangtua. “Langkah yang dilakukan oleh BPS dalam menyampaikan sosialisasi terhadap siswa merupakan langkah yang tepat agar siswa mendapatkan informasi yang benar dari sumber yang benar pula. Kita juga akan mengapresiasi dan akan tetap bersedia jika BPS membutuhkan kerjasama dari MAN 2 Langkat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, TIM petugas BPS melaukan pemaparan tentang tugas dan fungsi Badan Pusat statistic serta manfaat dari pelaksanaan sensus, baik sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi. Selanjutnya acara diisi dengan quiz berbentuk pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa tentang BPS dan Sensus Penduduk Online. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh siswa dengan penuh antusias.

Secara khusus, salah seorang petugas BPS langkat, Reni menyampaikan pujian dan salut atas antusiasme serta keingintahuan siswa tentang program sensus penduduk online itu. “Dibanding dengan siswa SLTA yang telah kami kunjungi sebelumnya, maka siswa MAN 2 langkat lebih antusias dan aktif. Hal ini ditandai dengan keberanian mereka memberikan jawaban serta pendapat atas pertanyaan yang diberikan oleh TIM,” pungkasnya.

Next Post

Kemenag Buka Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Pada Februari 2020

Sun Dec 22 , 2019
Kementerian Agama (Kemenang) merilis pelaksanaan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Rilis SPAN-UM PTKIN ini dilakukan oleh Menag Fachrul Razi di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kementerian Agama, Jakarta. Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin dalam laporannya mengatakan bahwa pendaftaran SPAN PTKIN akan […]

Category