El Adrian Shah: KNPI Dorong Pembentukan BNN Kota Medan


Wacana pembentukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Medan memang sudah sejak lama digaungkan. Namun hingga kini tak kunjung terealisasi. Hal inilah yang menjadi perhatian serius Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Medan. Tingginya akan peredaran narkoba dan berbanding lurus dengan banyaknya masyarakat yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba menuntut agar Kota Medan yang notabene salah satu kota terbesar di Indonesia memerlukan kehadiran BNN.

Penegasan ini disampaikan Ketua KNPI Kota Medan El Adrian Shah, di sela-sela kegiatan Seminar Anti Narkoba dengan tema “Pemuda Sehat dan Kuat Tanpa Narkoba” di Medan Klub Jl RA Kartini No.36, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (17/12/2019) sore.

Menurut El, dengan tingginya angka peredaran narkoba Kota Medan sudah sepatutnya Kota Medan memiliki BNN guna mempersempit ruang gerak para bandar yang mengincar korban khususnya generasi muda. “KNPI siap mendorong pembentukan BNN di Kota Medan. Narkoba ini persoalan yang sangat serius dan mengancam generasi muda kita. Makanya penanganannya cukup harus ekstra ordinary. Kita minta Pemko Medan serius mendukung pembentukan BNN di Kota Medan,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan El yang juga Ketua KNPI Sumut, dirinya mengajak pengurus maupun anggota KNPI harus menjadi ujung tombak bagi generasi muda dalam membentengi ancaman dan bahaya narkoba yang kian merajalela. Jika diperlukan KNPI harus siap jadi garda terdepan khususnya dalam hal pencegahan lewat program kerja berupa sosialisasi kepada masyarakat khususnya pemuda. “KNPI siap Bersinerji dengan aparat hukum seperti BNN dan Kepolisian. Apalagi kita tau komitmen Kapoldasu kita yang baru, bapak Irjen Pol Maratuani Sormin dalam hal memberantas narkoba,” sambungnya lagi.

Masih maraknya peredaran narkoba di Sumut dan Kota Medan khususnya tidak hanya menjadi kegagalan aparat penegak hukum tetapi juga kegagalan tokoh muda termasuk yang tergabung dalam wadah KNPI. “Ini juga kegagalan kita. Makanya kita bersama Muspika harus bersinerji untuk membangkitkan rasa keperdulian masyarakat terhadap bahaya narkoba. Kalaupun diajak aparat kita menggerebek. Saya pribadi siap mewakafkan diri saya untuk ini,” paparr El disambut tepuk tangan para kader KNPI yang hadir.

El pun mengatakan sejak awal kepemimpinannya sebagai Ketua KNPI Kota Medan telah dilakukan pemeriksaan urin bagi pengurus KNPI. Program ini lanjut El akan dilakukan berkesinambungan sebagai filter dan penegasan kalau KNPI komit dalam pemberantasan narkoba. Tidak kalah penting lanjut El, selain penindakan Pemerintah juga harus memikirkan penanganan para korban dengan menyediakan fasilitas rehabilitasi yang baik. “Banyak saudara-saudara kita yang menjadi korban dan ingin sembuh. Sayanya keinginan mereka tak didukung infrastruktur seperti ketersediaan panti-panti rehabilitasi yang baik. Ini tentu harus menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan kita semua,” pungkasnya.

Sebelumnya, Alfiansyah Purba mewakili Kadispora menyampaikan apresiasi kepada KNPI Kota Medan yang menggelar Seminar Anti Narkoba sebagai wujud dan keperdulian pemuda akan bahaya laten narkoba yang kian mengancam generasi muda. “Kejahatan narkoba adalah kejahatan besar yang perlu menjadi perhatian bersama. Kita harus memiliki tekad yang kuat untuk pemberantasannya. Dan insyallah KNPI dibawah kepemimpinan Ketua El memiliki tekad yang kuat untuk sama-sama bersinerji dalam pencegahan dan memberantasan narkoba didaerah kita,” sebutnya.

Panitia Pelaksana, Jahadin Hidayat Daulay dalam sambutannya mengajak para pemuda di KNPI menjadi agen of change yang turut serta menularkan virus-virus kebaikan guna pencegahan bahaya narkoba di tengah-tengah masyarakat khususnya kepada pemuda. “Seperti arahan ketua El tadi teman-teman di KNPI bisa menebarkan virus bebas narkoba. Terutama dari orang-orang terdekat kita seperti keluarga atau teman,” ujarnya.

Hadir dalam seminar ini sebagai narasumber perwakilan Polresta Medan S Hasibuan, perwakilan BNN Sumut Leo P Sihotang, dan perwakilan Granat David R Simanjuntak. Seminar ini dibuka perwakilan Kadispora Kota Medan, Alfiansyah Purba MSi dan diikuti oleh 21 pimpinan DPK KNPI sekota Medan.

Next Post

Jelang Natal dan Tahun Baru, Sinergitas TNI-Polri Jamin Stabilitas Keamanan

Thu Dec 19 , 2019
Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi memberikan pengarahan kepada prajurit TNI Polri, Rabu (18/12/2019).Di hadapan ratusan prajurit TNI dan anggota Polri, Panglima TNI menyampaikan bahwa institusi TNI-Polri merupakan dua institusi sangat besar dengan ratusan ribu personel, garis komando tegak […]

Category