Indeks Kemerdekaan Pers di Sumut Masih Rendah


Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berada di peringkat 32 dari 34 provinsi berdasarkan Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) yang diterbitkam oleh Dewan Pers. Nilai Indeks yang dimiliki Sumatera Utara menempatkan provinsi masuk dalam kategori “agak bebas”.

Berdasarkan Indeks Kemerdekaan Pers Tahun 2019, Sumut memperoleh nilai 68,83%, hanya berada di atas Lampung dengan nilai 67,92% dan Papua di posisi paling bawah dengan nilai 65,65%. Sementara posisi teratas ditempati Provinsi Sulawesi Tenggara dengan nilai 84,84% disusul Nangro Aceh Darussalam 82,86% dan Kalimantan Tengah dengan 80,94%.

“Dengan nilai ini menunjukkan bahwa pers di Sumut sesungguhnya belum merdeka, banyak faktor yang menyebabkan hal ini, diantaranya bagaimana perlakuan terhadap pers dan faktor-faktor internal pers itu sendiri,” ujar Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun, dalam Sosialisasi Indek Kemerdekaan Pers, di Medan, Rabu (11/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut, ia pun merekomendasikan sejumlah hal untuk peningkatan kemerdekaan pers di Sumut maupun secara nasional. Diantaranya, kata dia, dengan meningkatkan pemahaman stakeholder terkait peran dan fungsi pers, peningkatan kapasitas penggiat pers dan meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu pihak-pihak yang rentan, seperti disabilitas dan kelompok rentan lainnya.

Ia juga mengingatkan, agar penyelesaian kasus-kasus terkait pers dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Hal ini juga dengan memahami dan mengindahakan MoU Dewan Pers dengan pihak-pihak pemegak hukum seperti kejaksaan dan Polri.

“Butuh kerjasama dan pemahaman semua pihak untuk meningkatkan Indeks Kemerdekaan Pers, sehingga terwujud pers yang merdeka dan bertanggungjawab,” ujarnya.

Next Post

Panglima TNI Minta Kesiapan Marinir Hadapi Tuntutan Zaman

Wed Dec 11 , 2019
Prajurit Marinir TNI AL harus siap mengikuti perubahan dan beradaptasi dengan tuntutan zaman. Jangan alergi terhadap perubahan, serta selalu siap digerakkan sesuai dengan perintah pimpinan untuk menanggulangi setiap ancaman. Demikian ujar Panglima TNI, Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, saat memberikan pengarahan kepada ratusan Prajurit Marinir di Kesatrian Marinir […]

Category