Pemkab Deli Serdang Gelar Sosialisasi BUMD dan BUMDes


Pemkab Deli Serdang menggelar sosialisasi BUMD dan BUMDes sebagai penggerak roda ekonomi daerah bertema “Membangun dari Desa melalui Kerjasama Ekonomi antara BUMD dan BUMDes di Kabupaten Deli Serdang’. Hadir para peserta yang terdiri dari Perbankan, pengurus BUMD PT Bhineka Perkasa Jaya Deliserdang, 50 BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) se-Kabupaten Deliserdang.

Sebagai narasumber dari Direktorat BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Dr Gustian Harianto SE MSi, Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr Prawidya Hariani, serta Start up Agritech Pertanian PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) untuk menyumbangkan pengetahuan serta pengalamannya dalam mengelola BUMD dan BUMDes di Aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang, Lubuk Pakam, Rabu (04/12/2019).

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten II Hj Aida Harahap MARS mengatakan, sebagai salah satu upaya untuk membangun struktur ekonomi yang kokoh, pemerintah daerah dituntut proaktif menggerakan seluruh potensi ekonomi yang dimiliki. “Baik di sektor jasa, perdagangan, dan industri, terutama di bidang pertanian. Langkah strategis pemerintah kabupaten Deli Serdang adalah mendirikan BUMD PT BHINEKA PERKASA JAYA,” ujarnya.

Disebutkannya, pendirian BUMD ini menggantungkan banyak harapan sebagai sumber penerimaan dari pemanfaatan dan pengelolaan potensi-potensi di kabupaten Deli Serdang. “Sehingga berperan dalam pembangunan ekonomi untuk mewujudkan Deli Serdang yang maju dan berdaya saing,” sambung Bupati.

Dijelaskan Bupati, ini dapat tercapai jika BUMD telah memiliki kemampuan menjalin kerja sama dengan semua pihak khususnya investor yang dapat memberikan kontribusi terhadap penerimaan PAD baik dalam bentuk deviden atau pajak. “Oleh sebab itu, BUMD diharapkan mampu menjalin kerjasama yang efektif dengan BUMDes yang ada di kabupaten Deli Serdang. Ini adalah kekuatan ekonomi, sehingga dapat menggerakan suatu roda perekonomian di desa dan menumbuhkan sektor-sektor ekonomi baru guna peningkatan pendapatan masyarakat serta penyerapan tenaga kerja,” tegasnya.

Salah satu langkahnya, sambung Bupati, Pemkab Deli serdang mengadakan sosialisasi BUMD dan BUMDes untuk memberi manfaat yang besar bagi kemajuan BUMD dan BUMDes di kabupaten Deli Serdang. “Dengan dukungan semua stakeholder, semoga Deli Serdang yang kita cintai maju dan sejahtera dapat terwujud,” tutup Bupati H Ashari Tambunan.

Sebelumnya, Kabag Perekonomian Putra Jaya Manalu menjelaskan, digelarnya soaialisasi peran BUMD dan BUMDes sebagai penggerak roda ekonomi daerah berlangsung satu hari penuh, menindak lanjuti arahan Bupati Deli Serdang guna mewujudkan pembangunan dari desa. “Seiring visi pemerintah baik pusat maupun daerah, melalui program dana desa. M9 kmembangun desa dalam konteks UU No 6 tahun 2014 mencakup upaya upaya untuk mengembangkan keberdayaan dan pembangunan masyarakat desa dibidang ekonomi, sosial dan produksi, MNC, dan pasar bagi rakyat desa,” ucapnya.

Hal ini sejalan, katanya, dengan tujuan pendirian BUMD yaitu sebagai penghasil PAD sekaligus pemanfaatan dan pengelolaanya potensi potensi kabupaten Deli Serdang sekaligus fungsi Public service. “Untuk ke depan, fokus pemanfaatan dana desa yang sebelumya pada insfratruktur menjadi pemberdayaan SDM dan ekonomi serta membuat inovasi baru di desa. Inilah peluang yang besar bagi skema kerjasama antara BUMD dan BUMDes. Sinkronisasi antara BUMD dan BUMDes diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di desa, serta menyumbang pendapatan bagi BUMD yang secara jangka panjang,” bebernya.

Menurutnya, pengaruh ini akan cukup signifikan bagi peningkatan kesejahteraan dan pengendalian inflasi daerah kabupaten Deli Serdang. Hal senada juga dikatakan Direktur PT Bhineka Perkasa Jaya H Syafrullah. “Sosialisasi ini dapat menjadi landasan bagi kita semua untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi kemajuan kabupaten Deli Serdang yang kita cintai ini,” ujarnya.

Turut hadir Kepala Dinas PMD H Citra Efendi Capah, mewakili Bank Indonesia KPw Sumatra Utara Bahtiar, Biro Perekonomian Provinsi Sumatra utara Ismail Nasution, serta para pimpinan OPD terkait.

Next Post

Satgas Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS Gelar Pengobatan Gratis

Fri Dec 6 , 2019
Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Batalyon Infanteri Raider Khusus (Yonif RK) 136/Tuah Sakti (TS), di bawah pimpinan Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis sebagai Dansatgas, menggelar pengobatan gratis yang dilaksanakan secara berkeliling ke desa-desa. Dokter Satgas Lettu Ckm dr Edvan Henry mengungkapkan, bahwa mayoritas warga yang […]

Category