Ukraina Siap Hadiri Perundingan Damai 4 Arah

Pejabat-pejabat Ukraina mencermati penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden AS Donald Trump sementara bersiap melakukan negosiasi penting empat arah dengan Rusia, Perancis, dan Jerman bulan depan.

Pertemuan itu, yang disebut Kelompok Kontak Normandia, dan dijadwalkan 9 Desember di Paris, bertujuan meredakan konflik di wilayah Donbas di Ukraina timur antara pasukan pemerintah dan separatis yang didukung Rusia. Lebih dari 13 ribu orang tewas dalam pertempuran itu, yang dimulai sejak April 2014.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah menguraikan empat masalah yang ingin ia sampaikan pada pertemuan itu: pertukaran tahanan, gencatan senjata, pemulihan kendali Ukraina atas perbatasan Ukraina-Rusia, dan mengadakan pemilihan lokal di wilayah yang dikuasai pemberontak Ukraina dan separatis telah menarik pasukan mereka dari tiga lokasi di Donbas sebagai prasyarat untuk pertemuan tersebut..

Analis yang dihubungi VOA mengatakan pemimpin baru Ukraina itu akan ditekan keras untuk menawarkan kesepakatan yang tidak membuat negaranya lebih lemah dari sekarang.

Penyelidikan pemakzulan merusak posisi Ukraina karena menunjukkan kurangnya komitmen Trump untuk membela Ukraina, kata Mark Simakovsky, Senior Fellow di Atlantic Council yang berbasis di Washington. Diplomat Amerika Gordon Sondland dalam kesaksian penyelidikan itu dikutip mengatakan, Trump “tidak peduli” pada Ukraina.

Next Post

Koneksi Internet di Iran Belum Pulih, AS Jatuhkan Sanksi

Sat Nov 23 , 2019
Iran memperpanjang penutupan besar-besaran terhadap akses internet untuk hari ketujuh guna menekan oposisi, memaksa Amerika menjatuhkan sanksi kepada pejabat yang mengawasi penutupan itu. Dalam cuitan Jumat (22/11) malam, kelompok pemantau internet yang berbasis di London, NetBlocks, mengatakan penutupan itu telah berlangsung enam hari penuh.” Beberapa pejabat Iran berharap akses internet […]

Category