Pengendara Skuter Listrik Tidak Perlu Kantongi SIM

Pengguna skuter listrik, tidak perlu mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM). Sebab, alat angkut perorangan itu tidak melintas di jalan raya.

“Tidak menggunakan (SIM). Itu kan karena skuter listrik hanya diperbolehkan di kawasan tertentu, bukan di jalan,” ujar Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Meteo Jaya Kompol Fahri Siregar, Jumat (22/11/2019).

Dikatakan Fahri, pengguna skuter listrik harus sudah berusia minimal 17 tahun. Apabila terjadi pelanggaran, pengecekan usia pengguna skuter listrik tidak harus dari SIM, namun bisa dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya.

“Identitas enggak harus SIM, kan ada KTP kalau sudah 17 tahun. Jadi kalau dia belum memiliki KTP, ya kita sudah tahu dia belum bisa. Memang sampai saat ini, kita kaji masih belum harus menggunakan SIM pengendaranya,” ungkap Kompol Fahri Siregar.

Ihwal siapa yang akan bertanggungjawab atau membayar sanksi tilang apabila pengguna skuter listrik sewaan -milik operator- melakukan pelanggaran, Fahri menegaskan, pengemudinya.

Next Post

Sabuk Nusantara Berikan Satu Solusi Aceh Sampai Papua

Fri Nov 22 , 2019
Sabuk Nusantara adalah gugusan pulau-pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, bak untaian zamrud khatulistiwa. Gugusan pulau yang penuh dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia ini harus diikat dalam satu ideologi, yaitu Pancasila dengan aura emas Bhinneka Tunggal Ika. Konsep brilian untuk […]

Category