Kementerian Kelautan Meresmikan ICS di Kelurahan Sibulun Nauli

SumutMerdeka – Kementerian Kelautan meresmikan pengoperasian ruang beku terintegrasi (Integrated Cold Storage/ICS) di Jalan Abdul Rajab Simatupang, Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, Senin (28/10).

Kementerian Kelautan mengucurkan dana sekitar Rp19 miliar untuk membangun dan melengkapi peralatan serta fasilitas ruang beku yang berkapasitas 100 ton itu.

Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dirjen PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) Innes Rahmania meresmikan langsung Ruang Beku Terintegrasi (Integrated Cold Storage/ICS) yang sudah menjadi milik Pemkot Sibolga itu.

Dalam sambutannya, Dirjen PDSPKP menyampaikan bahwa Gedung Beku Terintegrasi milik Pemerintah Kota Sibolga yang dibangun melalui APBN itu diharapkan mampu mendorong peningkatan mutu, nilai tambah, dan daya saing produk perikanan Indonesia, khususnya hasil perikanan yang berasal dari Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Ruang beku terintegrasi (Integrated Cold Storage/ICS) ini standart Internasional, sehingga layanan ikan ekspor sudah bisa dilakukan di tempat ini. Makanya saya katakan tadi, kehadiran ICS ini menjadi nilai tambah bagi kota Sibolga. Kalau selama ini ikan dari Sibolga atau Tapteng dikirim dalam bentuk beku ke Jakarta atau ke luar negeri, dengan adanya ICS ini maka sudah bisa dilayani dalam bentuk fillet, atau dalam bentuk loin (dipotong-potoing) dan langsung dipeking dan disimpan di tempat ini. Jadi kapan dibutuhkan pasar sudah tinggal kirim dan harga jauh lebih mahal,” terangnya.

Next Post

Walikota Sibolga Membuka Secara Resmi Kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kota Sibolga

Tue Oct 29 , 2019
SumutMerdeka – Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk membuka secara resmi kegiatan orientasi/pembekalan anggota DPRD Kota Sibolga periode 2019-2024 yang dilangsungkan di Medan, Selasa (29/10) malam Wali kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa orientasi bagi anggota DPRD bertujuan untuk membekali dengan ilmu pemerintahan, memahami tugas pokok dan fungsi DPRD sebagai mitra pemerintah yang […]

Category