Wakil Bupati Tapteng Mmbuka Resmi Bursa Inovasi Desa

SumutMerdeka – Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa (BID) yang dipusatkan di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Kamis (24/10), tepatnya di lokasi objek wisata Tugu Titik Nol masuknya Islam ke Nusantara.

Bupati Tapanuli Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati mengatakan, bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa dapat disesuaikan dengan siklus pembangunan desa yang dilandasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Desa, dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014.

Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis, baik dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan.

“Melalaui kegiatan ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Bupati, jika ingin berinovasi harus tahu dahulu permasalahannya, kemudian menentukan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah itu. Jika dalam inovasi ada kemiripan itu tidak menjadi masalah, karena ide pemikirannya pasti berbeda.

“Saya sangat mengharapkan dalam satu kecamatan dan satu desa mempunyai satu inovasi yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk desa yang lain,” harap Bupati.

Sebagai tanda dibukanya kegiatan itu, Wakil Bupati Darwin Sitompul didampingi Plt Kepala Dinas PMD Tapteng Jonnedy Marbun, dan Anggota DPRD Tapteng terpilih Ahmad Rivai Sibarani memukul gong yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada masyarakat yang disponsori salah satu perbankan.

Next Post

Prabowo Akan Berbuat Yang Terbaik Dalam Menjabat

Thu Oct 24 , 2019
SumutMerdeka – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan dirinya bakal berbuat yang terbaik selama menjabat. “Saya akan berusaha berbuat yang terbaik. Tadi beliau ingatkan kepada saya dan semua jajaran bahwa tugas menhan sangat berat, harus ikut membantu Presiden RI di bidang menjaga kedaulatan,” kata Prabowo usai sertijab di Kantor Kemhan, […]

Category