Nila Moeloek Memberikan Tugas Rumah Kepada Menteri Baru

SumutMerdeka – Sejak pelantikkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Minggu (20/10), berakhir pula jabatan menteri Kabinet Kerja I. Tak lagi menjabat Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Moeloek, menitipkan sejumlah pekerjaan rumah untuk menteri yang baru.

Salah satunya perbaikan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ke depan. Nila Moeloek mengatakan, pelaksanaan JKN-KIS bukanlah persoalan mudah. Terutama bagaimana memperkuat upaya promosi dan preventif sebagai garda terdepan menekan penyakit-penyakit yang menyerap anggaran besar dari program JKN-KIS. Mengutip data BPJSK, rata-rata per hari ada 640.822 kunjungan orang berobat menggunakan kartu JKN-KIS.

Penyakit yang dideritanya pun sebagian berbiaya mahal. Di 2018 saja, sebesar Rp 20,42 triliun dana JKN-KIS habis untuk membiayai delapan penyakit katastropik, atau 22 persen dari total pengeluaran untuk biaya pelayanan kesehatan di tahun tersebut sebesar Rp 94,3 triliun. Di 2019 sampai bulan Mei, biaya untuk delapan penyakit ini sebesar Rp 10 triliun. Dari delapan penyakit itu, empat penyakit menempati posisi teratas, yaitu jantung, gagal ginjal, kanker, dan stroke.

Next Post

Regulasi Drone Akan Dilakukan Demi Keselamatan Maskapai Penerbangan

Tue Oct 22 , 2019
SumutMerdeka – Pengelola bandar udara, PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) mendesak pemerintah untuk mengeluarkan regulasi drone (pesawat tanpa awak) sehingga bisa memberikan keselamatan bagi maskapai penerbangan. “Keberadaan drone adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa dihalangi. Tapi juga harus dibuat regulasi yang sangat tegas, sekalipun saat ini sudah ada […]

Category