Indonesia Berhasil Meraih Posisi Teratas Pasa Keuangan Syariah Global

SumutMerdeka – Indonesia berhasil meraih posisi teratas pasar keuangan syariah global dalam Global Islamic Finance Report (GIFR) dengan mencetak skor 81,93 pada Islamic Finance Country Index (IFCI) 2019. Capaian tersebut merupakan prestasi baik setelah pada 2018 hanya menduduki peringkat ke enam dengan skor 24,13.

Humayon menjelaskan ada delapan faktor yang menjadi pertimbangan yakni efektivitas DSN sebagai pengawas syariah, regulasi yang berhubungan dengan keuangan syariah, dan jumlah bank syariah, UUS (Unit Usaha Syariah), BPRS, serta institusi non bank syariah di sebuah negara. Selain itu, jumlah aset dan keuangan syariah, populasi muslim, sukuk, pendidikan dan budaya.

Melalui pembentukan KNKS sesuai Peraturan Presiden Nomor 91/2016, populasi muslim Indonesia yang menempati porsi 13 persen dari total penduduk muslim global atau setara 215 juta jiwa bisa terakomodasi dengan baik dalam mekanisme keuangan syariah.

Sementara Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro berharap penghargaan dan capaian ini bisa mendorong motivasi seluruh pemangku ekonomi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Next Post

KPK Melakukan Penggeledahan Di Kantor Walikota Medan

Fri Oct 18 , 2019
SumutMerdeka – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Jumat (18/10) pagi hingga sore masih melakukan penggeledahan di Kantor Wali Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis. Hingga sore ini terhitung lebih dari sembilan jam para penyidik masih terus melakukan penggeledahan di sejumlah ruang di kantor Wali Kota Medan.    Selain […]

Category