KPK Beberkan Celah Terjadinya Korupsi Terkait Pinjaman Daerah

SumutMerdeka – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan celah-celah terjadinya korupsi terkait pinjaman pemerintah daerah untuk pembangunan infrastruktur. Celah-celah korupsi ini hasil kajian yang dilakukan KPK terkait pinjaman daerah yang dalam sejumlah perkara menjadi bancakan kepala daerah untuk mencuri uang rakyat.

“Kami memaparkan hasil kajian dari Direktorat Litbang, khususnya soal pinjaman bank daerah untuk infrastruktur. Meskipun pengaturan daerah relatif ketat, dalam praktiknya masih terjadi korupsi. Salah satunya, kasus suap yang ditangani KPK untuk memperoleh DPRD atas pinjaman daerah yang akan dilakukan Pemprov Lampung,” kata Direktur Litbang KPK Wawan Wardiana.

Dari kajian ini, KPK menemukan masih adanya pemerintah daerah (pemda) yang tidak menyiapkan dokumen perencanaan dengan baik atas kegiatan yang dibiayai dari sumber pinjaman. Selain itu, adanya pemda yang menggunakan dana pinjaman untuk pekerjaan yang berada di luar lingkup perencanaan.

Next Post

Polres Samosir Membagikan 29 Jenis Tanaman Produktif

Wed Oct 16 , 2019
SumutMerdeka – Jajaran Polres Samosir bersama Pemerintah Kabupaten dan elemen masyarakat menanan 29 jenis tanaman produktif pada kegiatan gerakan penanaman sejuta pohon di kawasan Danau Toba pada Selasa (15/10). Bibit sebanyak 2.310 batang itu ditanam di kawasan wisata Taman Raya Arboretum Aek Natonang, Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo. Kapolres Samosir AKBP […]

Category