PDIP Akan Menjaga Amandemen UUD 45 Agar Tidak Menjadi Bola Liar

SumutMerdeka – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meyakini rencana amendemen terbatas terhadap UUD 1945 tidak akan menjadi ‘bola liar’ atau menyebar ke berbagai isu. Amendemen akan fokus atau terbatas pada kesepakatan yang telah dibuat.

“Bola liar kalau tidak sepakat. Amendemen harus didahului kesepakatan-kesepakatan. Maka pentingnya pimpinan partai politik (Parpol) bertemu supaya melahirkan kesepakatan-kesepakatan,” kata Wakil Ketua MPR dari Fraksi PDIP Ahmad Basarah

Ia memberi contoh empat kali proses amendemen UUD. Keempat proses tersebut tidak lari atau menyebar ke mana-mana tetapi terbatas pada apa yang telah disepakati sebelumnya. Dengan contoh-contoh tersebut, dia yakin jika UUD 1945 kembali diamendemen, tidak akan memasukkan isu-isu di luar yang disepakati.

Dia berharap amendemen dalam melahirkan haluan negara itu sudah harus selesai pada periode MPR 2019-2024. Hal itu sangat bisa dilakukan karena diantara fraksi-fraksi sudah sepakat adanya haluan negara. Yang masih berbeda pandangan adalah apakah harus melalui amendemen UUD atau cukup melalui penetapan sebuah Undang-Undang.

Next Post

KSPSI Meminta Presiden Jokowi Menyusun Kabinet Jilid II Mampu Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Mon Oct 14 , 2019
SumutMerdeka – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) meminta Presiden Jokowi untuk menyusun kabinet kerja jilid II dengan komposisi menteri yang mampu mendorong pertumbuhan dan penguatan ekonomi nasional. Di tengah pelambatan ekonomi global, Indonesia memiliki tantangan yang tidak ringan untuk membuat situasi ekonomi nasional menjadi makin baik. “Dengan kondisi ekonomi […]

Category