MS Hidayat: Sukanto Tanoto Pemilik Sebagian Lahan di Kaltim

SumutMerdeka – Menteri Perindustrian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, MS Hidayat menyatakan sebagian lahan yang akan digunakan untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur berstatus Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dimiliki oleh Sukanto Tanoto.

Sukanto Tanoto adalah salah satu taipan di Indonesia yang memiliki usaha di sektor manufaktur di bawah bendera Royal Golden Eagle International (RGEI). Dulunya, perusahaan itu bernama Raja Garuda Mas.

Ia juga memiliki perusahaan di sektor sawit bernama PT Asian Agri. “Saya baru dikasih tahu bahwa sebagian besar tanah HTI itu miliknya Sukanto Tanoto. Status HTI yang setiap saat bisa diambil oleh pemerintah,” ucap Hidayat, Rabu (18/9). Hanya saja, Hidayat memastikan bahwa hal itu tak akan menjadi masalah bagi pemerintah untuk membangun konstruksi di kawasan itu. Sebab, sudah ada perjanjian dengan pemerintah bahwa lahan itu bisa diambil kembali oleh pemerintah.

“Sudah ada kesepakatan tanah bisa diambil kembali oleh pemerintah. Jadi setiap saat dibutuhkan bisa dikembalikan,” tutur dia.

Dengan demikian, pembangunan ibu kota baru bisa dilakukan mulai tahun depan sesuai dengan rencana pemerintah sejak awal. Hanya saja, pembangunan masih dilakukan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Next Post

Hanif Dhakiri Menjamin Jumlah TKA Akan Menurun

Wed Sep 18 , 2019
SumutMerdeka – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menjamin Tenaga Kerja Asing (TKA) tak akan membanjiri Indonesia meskipun pemerintah telah memperlebar ‘karpet merah’ bagi mereka. “Kalau mau melihat itu berdampak besar tidak, lihat saja jumlahnya. Kenaikan TKA kalau dibandingkan dari tahun ke tahun masih seperti itu saja, tidak ada istilahnya lonjakan,” katanya, Rabu (18/9). […]

Category