Hanif Dhakiri Menjamin Jumlah TKA Akan Menurun

SumutMerdeka – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menjamin Tenaga Kerja Asing (TKA) tak akan membanjiri Indonesia meskipun pemerintah telah memperlebar ‘karpet merah’ bagi mereka.

“Kalau mau melihat itu berdampak besar tidak, lihat saja jumlahnya. Kenaikan TKA kalau dibandingkan dari tahun ke tahun masih seperti itu saja, tidak ada istilahnya lonjakan,” katanya, Rabu (18/9).

Ia menyatakan dalam lima tahun terakhir data TKA tak mengalami pertumbuhan signifikan. Hingga hari ini, sambung dia, angkanya masih berada di bawah 100 ribu orang. Ia meyakini kondisi tersebut tak akan banyak berubah usai penerbitan aturan baru.  “Yang paling inti adalah masalah TKA di Indonesia itu masih sangat amat terkendali. Kalau mau lihat, lihat saja datanya,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga memastikan perluasan jabatan TKA tidak akan mengancam posisi tenaga kerja lokal, sekaligus tidak mempersempit peluang kerja bagi pekerja lokal.

Next Post

Sumut Mulai Diselimuti Asap Karhutla

Wed Sep 18 , 2019
SumutMerdeka – Sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diselimuti kabut asap diduga akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Rabu (18/9). Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan wilayah Sumut yang terdampak kabut asap di antaranya Kota Medan, Deliserdang, hingga Kabupaten Tapanuli Tengah. Pola […]

Category