Galakkan Ekspor Lewat Pelabuhan Sibolga, Pemerintah Bekerja Sama Dengan BUMN

SumutMerdeka – Pemerintah kota Sibolga bekerja sama dengan BUMN (Bank Indonesia, Pelindo I, Bank Sumut) dan pihak swasta (Trans Continent) sepakat menggalakkan ekspor melalui Pelabuhan Sibolga.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menggalakkan ekspor itu adalah seminar bersama penggalakan ekspor dengan tajuk “Potensi Perekonomian Daerah dengan Menggalakkan Ekspor Melalui Pelabuhan Sibolga,” Rabu (11/9), di terminal pelabuhan Pelindo I Sibolga.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, MM, dalam sambutannya memaparkan potensi ekspor yang ada di kota Sibolga, dan Tapanuli Tengah (Tapteng), Tapanuli Utara, Madina, Kepulauan Nias, Aceh Singkil dan sekitarnya, yang potensional menggunakan Pelabuhan Pelindo I Sibolga.

Wali kota juga meminta Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi membentuk unit pelaksana teknis (UPT) terkait perizinan kapal nelayan di Sibolga. Syari mengaku kasihan terhadap nelayan yang  bolak-balik tiga sampai empat kali ke Medan, ke Jakarta, untuk urus izin kapal. Pengurusan izin kapal biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit, bahkan para nelayan berhutang untuk itu.
“Mohon Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumut untuk membuka UPT perizinan terkail kapal nelayan di Sibolga, untuk membantu nelayan Sibolga dan Tapteng,” pinta Wali kota.


Next Post

Presiden ke 3 Habibie Meninggal Dunia, Pemasangan Bendera Setengah Tiang

Wed Sep 11 , 2019
SumutMerdeka – Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Rabu (11/9). Pemerintah menetapkan berkabung nasional selama tiga hari sampai Sabtu (14/9). “Jadi kita menetapkan berkabung nasional selama tiga hari. Jadi nanti (hari ini) sampai tanggal 14 September,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di […]

Category