Boba Warisan Kuliner Nusantara Berbeda Dengan Boba Taiwan

SumutMerdeka – Taiwan boleh menjadi negara yang pertama kali memperkenalkan bola-bola boba dalam segelas minuman bernama bubble tea. Namun, Indonesia juga memiliki ragam ‘boba’ hasil warisan kuliner nusantara.

Candil

Candil juga memiliki bentuk bulat seperti biji salak, tetapi candil terbuat dari tepung beras ketan. Tekstur candil lebih kenyal dan agak lebih keras ketimbang biji salak.

Biasanya candil disajikan bersama bubur sumsum sehingga banyak yang menyebut sebagai bubur candil. Di Jawa Tengah, candil kerap disajikan bersama bubur sumsum, bubur ketan, kuah santan dan gula kelapa.

Sagu mutiara

Sagu mutiara merupakan boba nusantara versi mini. Sagu mutiara terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk menjadi butiran-butiran kecil. Untuk menambah selera, sagu mutiara tampil dalam beragam warna, seperti putih, merah muda, serta hijau muda.

Sagu mutiara umumnya tidak memiliki bau maupun rasa. Sebab ia akan menjadi campuran dalam kudapan sirup gula. Di Indonesia, sagu mutiara dijadikan pelengkap dalam olahan kolak, bubur manis, es campur, kue-kue, hingga minuman manis.

Biji Salak

Biji salak paling mudah ditemui sepanjang bulan puasa. Biasanya biji salak disantap bersama kuah santan dan gula kelapa. Biji salak merupakan kudapan milik orang Betawi. Terbuat dari dari ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka, kemudian direbus sehingga memiliki tekstur empuk dan kenyal.

Warna pada biji salak tergantung dari ubi yang digunakan. Sehingga biji salak bisa berwarna oranye atau ungu. Selain memberi warna, ubi juga menyumbang rasa manis alami untuk biji salak.


Next Post

Keputusan Sudah Bulat! Penghapusan Subsidi 900VA Mulai Tahun Depan

Sat Sep 7 , 2019
SumutMerdeka – Pemerintah sudah sepakat menghapus subsidi untuk pelanggan listrik rumah tangga mampu 900 VA mulai tahun depan. Direktur Pengadaan Strategis II PLN Djoko Abumanan mengatakan memang kebijakan pemerintah menginginkan subsidi yang lebih tepat sasaran, untuk pelanggan 900 VA adalah pelanggan yang masuk kategori rumah tangga mampu saja yang dicabut.  “PLN minta itu […]

Category