Teroris Pembuat Bom Pipa Ditangkap di Palu

SumutMerdeka – Kepolisian menduga salah satu dari tiga terduga teroris yang ditangkap di Palu, Sulawesi Tengah, hendak beraksi dengan menggunakan bom pipa. Dugaan itu berdasarkan dari barang bukti yang disita Detasemen Khusus 88 Antiteror.

Ketiga teroris itu ditangkap di lokasi berbeda. ZA yang sebelumnya disebut CA alias Enal ditangkap di Jalan Trans Sulawesi, Sulteng, sekitar pukul 13.40 WITA. Kedua yaitu A bin U alias Angga ditangkap di Jalan Benteng dan ketiga adalah AS alias Putra alias Siregar ditangkap di Jalan Malaya sekitar pukul 23.00 WITA.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan ditemukan perlengkapan untuk membuat bom pipa, seperti potongan besi dan kabel dari tangan AS.

“Yang paling berbahaya AS alias Putra alias Siregar karena (ditemukan) potongan besi, rangkaian kabel, ada pipa, bubuk-bubuk ini bubuk apa masih diuji laboratorium forensik, bubuknya ini bisa digunakan untuk low eksplosif atau high eksplosif. Masuk jenis apa atau hanya powder biasa,” ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/9).

Adapun sejumlah barang bukti telah disita oleh Densus 88. Dari ZA, didapati barang bukti sebanyak 14 barang. Barang bukti itu berupa sepeda motor, kunci T yang diduga bisa digunakan untuk pencurian kendaraan bermotor, uang Rp1,8 juta, badik, parang, buku-buku tentang syiah, zebo, dan beberapa perlengkapan perorangan.

Dari A didapati kurang lebih 34 barang bukti yaitu buku-buku jihad, buku tentang merakit bom, perlengkapan perorangan, buku tabungan Bank Mandiri, kartu ATM, sebo loreng, jaket, senapan angin, peluru angin, busur panah sebanyak 17 buah, ketapel besi, peredam senapan angin, teleskop, parang, dan peralatan komputer, printer dan sepeda motor.

“Ditemukan beberapa pipa dan pipa-pipa ini diduga dijadikan bom pipa, ada juga serbuk masih diteliti apakah merupakan bagian untuk buat bom pipa,” tuturnya.

Next Post

Pengembangan Nuklir Iran Dibatasi atas Tekanan Internasional

Thu Sep 5 , 2019
SumutMerdeka – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyerukan atas Iran setelah Presiden Hassan Rouhani atas Iran setelah Presiden Hassan Rouhani memerintahkan pencabutan batasan riset dan pengembangan nuklir. Rouhani memerintahkan pencabutan semua batasan riset dan pengembangan nuklir Iran, langkah yang memperkuat indikasi pengurangan komitmen negara itu atas kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Israel sendiri memang […]

Category