Pengembangan Nuklir Iran Dibatasi atas Tekanan Internasional

SumutMerdeka – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyerukan atas Iran setelah Presiden Hassan Rouhani atas Iran setelah Presiden Hassan Rouhani memerintahkan pencabutan batasan riset dan pengembangan nuklir.

Rouhani memerintahkan pencabutan semua batasan riset dan pengembangan nuklir Iran, langkah yang memperkuat indikasi pengurangan komitmen negara itu atas kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

Israel sendiri memang merupakan musuh bebuyutan Iran. Mereka bahkan tidak mendukung JCPOA, kesepakatan nuklir antara Iran dan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa beserta Jerman yang diteken pada 2015 lalu. Netanyahu juga sempat mendesak Presiden Donald Trump selaku sekutu terdekatnya untuk menarik Amerika Serikat dari perjanjian tersebut.

Perjanjian yang digagas di era Barack Obama itu menetapkan Iran harus membatasi pengayaan uranium hingga 3,67 persen, jauh dari yang diperlukan untuk mengembangkan senjata nuklir yaitu 90 persen.

Next Post

Aksi Damai Meminta Presiden Jokowi Membentuk Pengadilan HAM

Thu Sep 5 , 2019
SumutMerdeka – Ratusan orang berkumpul di seberang Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/9). Sebagian orang beruban, tapi lebih banyak lagi anak muda. Mereka mengenakan pakaian hitam, menenteng poster tuntutan dan memegang payung khas Aksi Kamisan. Dalam aksi kali ini, orator menyampaikan sederet kasus baru. Bukan saja soal kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu yang masih mangkrak, tapi juga […]

Category