Investor Lebih Memilih Malaysia Daripada Indonesia, Jokowi Kecewa

SumutMerdeka – Berbicara saat membuka rapat terbatas dengan topik antisipasi perkembangan perekonomian dunia, Jokowi kembali mendapatkan ‘bisikan’ adanya sejumlah investor yang lebih memilih negara lain ketimbang Indonesia.

Bisikan tersebut berasal dari Bank Dunia, yang menyebut ada sekitar 33 perusahaan yang memutuskan untuk hengkang dari China. Namun, mereka justru tidak pergi ke Indonesia melainkan ke negara lain.

“Jadi 23 [perusahaan] memilih di Vietnam, 10 lainnya pergi ke Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Enggak ada yang ke kita,” tegas Jokowi, Rabu (4/8/2019).

“Saya ulang. Dari 33 tadi, 23 ke Vietnam, 10 ke Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Tidak ada yang ke Indonesia. Tolong ini digarisbawahi. Hati-hati, berarti kita punya persoalan yang harus diselesaikan,” tegasnya.


Jokowi lantas kembali dibuat kecewa, karena keputusan perusahaan-perusahaan yang memilih negara lain ketimbang Indonesia, lantaran proses perizinan investasi di negara-negara tersebut lebih cepat dibandingkan di Indonesia.

“Setelah dilihat lebih detail lagi kalau mau pindah ke Vietnam hanya butuh waktu 2 bulan rampung. Kita bisa bertahun-tahun. Penyebabnya hanya itu. Enggak ada yang lain,” kata Jokowi.

Next Post

Subsidi Listrik 900VA Akan Dicabut

Thu Sep 5 , 2019
SumutMerdeka – Subsidi listrik dinilai mengalami perbaikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, khususnya subsidi yang diberikan untuk pelanggan 900 VA. “Dengan membaiknya basis data rumah tangga miskin, subsidi listrik untuk 900 VA diberikan untuk rumah tangga miskin,” kata Pengamat energi, Fabby Tumiwa Walaupun demikian, menurutnya pelanggan 450 VA belum mengalami […]

Category