Insiden Crane Di Arab, Murni Bencana Alam

SumutMerdeka – Arab Saudi mencairkan uang senilai US$6,13 juta dolar, atau sekitar Rp85 miliar, bagi puluhan WNI yang menjadi korban tewas dan luka dalam insiden crane yang jatuh di Masjidil Haram, Mekkah, saat pelaksanaan ibadah haji pada 2015 lalu.

Duta Besar RI untuk Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, menuturkan uang santunan itu telah diterima KBRI di Riyadh dari Raja Salman, melalui Penasehat Hukum Deputi Konsuler Kementerian Luar Negeri Kerajaan Saudi, Mohammad Alshammeri.

“(Puluhan miliar santunan itu) terdiri dari 35 lembar cek yang terdiri dari dua nominal. Nominal pertama sebesar US$133 ribu (Rp1,8 miliar) untuk korban luka berat dan nominal kedua sebesar US$266 ribu (Rp.3,7 milyar) untuk korban meninggal dan korban cacat permanen,” kata Agus

Agus mengatakan santunan tersebut akan diberikan kepada 36 WNI yang menjadi korban insiden crane. Jumlah itu ditentukan dari hasil verifikasi yang melibatkan tim forensik dan DVI.

Salah satu cek, paparnya, masih menunggu pencocokan data paspor sehingga belum bisa diberikan. Meski begitu, Agus tak menjelaskan kapan santunan-santunan itu akan diberikan kepada para korban.

Agus menuturkan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Agama di bakal berkoordinasi untuk menyelesaikan masalah administratif pemberian santunan-santunan tersebut.

Pengadilan memutuskan insiden crane tersebut murni bencana alam akibat badai besar yang terjadi di Mekkah.

Agus menuturkan Indonesia menjadi negara pertama yang menerima santunan dari Saudi setelah proses yang cukup panjang selama empat tahun terakhir.

Next Post

Ternyata Tarif Baru Ojek Online Hanya Pada Zona Ini

Mon Sep 2 , 2019
SumutMerdeka – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan ada penilaian akan kepatuhan aplikator terhadap tarif baru ojek online. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan kemenhub akan melakukan survei tingkat kepuasan masyarakat dan tingkat penghasilan pengemudi dan efektifitas aturan. Sebelumnya, Budi Setiyadi mengatakan kebijakan tarif baru ojol memang berdampak pada penurunan order […]

Category