Hutan Amazon Terbakar Paling Hebat Tahun Ini. Ini Alasannya

SumutMerdeka – Ribuan kebakaran membinasakan hutan Amazon di Brasil pada tahun ini. Fenomena tersebut merupakan kebakaran paling hebat di hutan hujan terbesar dunia selama hampir satu dekade.

Kebakaran besar juga telah membakar melintas ke hutan Amazon di perbatasan Brasil-Bolivia, menghancurkan petak-petak hutan tropis dan sabana di negara itu.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi dan seberapa buruk kebakaran itu?

Peningkatan Kebakaran hingga 76% Dibanding 2018

Anggota militer Brasil sedang mengecek bekas kebakaran hutan Amazon (AFP/Carl de Souza)

Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa Brasil (Inpe) mengatakan data satelitnya menunjukkan peningkatan 76 persen pada periode yang sama pada 2018.

Angka-angka resmi menunjukkan lebih dari 87.000 kebakaran hutan dicatat di Brasil dalam delapan bulan pertama tahun ini – jumlah tertinggi sejak 2010. Itu dibandingkan dengan 49.000 pada periode yang sama pada 2018.

Badan Antariksa Nasional AS (NASA), yang menyediakan data kebakaran aktif kepada Inpe, mengonfirmasi rekaman dari sensor satelitnya juga mengindikasikan bahwa 2019 adalah tahun paling aktif selama hampir satu dekade.

Dugaan Retorika Anti-Lingkungan dari Presiden Brasil

Aktivis mengatakan retorika anti-lingkungan dari Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah mendorong kegiatan pembersihan pohon sejak ia berkuasa pada Januari.

Menanggapi kritik di dalam dan luar negeri, Bolsonaro mengumumkan bahwa ia melarang pembakaran untuk membuka lahan selama 60 hari.

Presiden juga telah menerima tawaran empat pesawat untuk memerangi api dari pemerintah Chili dan telah mengirim 44.000 tentara ke tujuh negara bagian untuk memerangi api.

Next Post

Mensos Mengaku Tidak Khawatir Dengan Kenaikan Iuran BPJS

Sat Aug 31 , 2019
SumutMerdeka – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku tak khawatir bila kenaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan akan menekan daya beli penduduk miskin. Kehadiran tersebut dilakukan dengan membayari iuran BPJS Kesehatan masyarakat miskin yang sudah dimasukkan ke dalam peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Oleh karenanya, kenaikan iuran ini […]

Category