Tidak Hanya Euro Yang Melemah, IHK Jerman Juga Mengalami Penurunan

SumutMerdeka – Mata uang euro kembali melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis. Euro sempat melemah ke US$ 1,1055 sebelum memangkas pelemahan dan berada di level di level US$ 1,1066. Dalam tiga hari terakhir, mata uang 19 negara ini melemah 0,39%, 0,09% dan 0,12%. 

Jerman

Jerman pada hari ini melaporkan data indeks harga konsumen (IHK) bulan Agustus sebesar -0,2% atau mengalami deflasi. Jerman merupakan negara dengan nilai ekonomi terbesar di Eropa, memburuknya kondisi ekonomi Negeri Panser ini tentunya akan berdampak pada negara-negara lainnya.

Risalah rapat kebijakan moneter ECB bulan Juli yang dirilis pada 22 Agustus lalu menunjukkan para anggota dewan mulai cemas akan pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah dari prediksi. 

Rilis risalah tersebut semakin jelas menunjukkan ECB akan menggelontorkan stimulus pada September, yang masih menjadi pertanyaan seberapa besar stimulus yang akan diberikan.

Melambatnya inflasi di zona euro merupakan salah satu alasan utama ECB menyatakan perlunya stimulus untuk memacu perekonomian.  Euro semakin tertekan setelah AS merilis data pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) kuartal II-2019. 

Next Post

Gubsu berharap wisata Tangkahan menjadi Objek Wisata Andalan

Thu Aug 29 , 2019
SumutMerdeka – Bupati Langkat TR Peranginangin menghadiri rapat kordinasi pengembangan kawasan ekowisata terpadu yang dipimpin Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, di Medan, Kamis. Rapat melibatkan lintas instansi seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara dan  Kabupaten Langkat, serta  instansi Unit Pelayanan Pengadaan (ULP), Biro Aset dan Dinas Kehutanan Provinsi […]

Category