Pemindahan Ibu Kota Tidak Berpengaruh pada Sumut

SumutMerdeka – Presiden Indonesia, Joko Widodo menetapkan wilayah Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta.

Pemindahan ibu kota akan direalisasikan secara bertahap dan ditargetkan secara fisik dimulai pada 2024.

Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin mengatakan bahwa perpindahan ibu kota yang tidak akan berpengaruh besar bagi perekonomian Sumut.

“Pada dasarnya, jika mengkaitkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur dengan akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah, ini suatu hal yang belum atau bahkan berhubungan,” jelasnya, Selasa (27/8/2019)

Jika dikaitkan dengan potensi ekonomi wilayah sumatera utara, Pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur tidak akan berpengaruh.

“Karena yang dibangun itu kan infrastruktur termasuk berupa bangunan. Setidaknya itu dulu yang dibangun. Nah Sumut ekonominya itu kan didominasi komoditas. Jadi tidak akan berdampak pada perekonomian Sumut,” katanya.

Namun pemindahan ibu kota nantinya akan memindahkan wilayah administrasi pemerintahan, yang nota bene akan membawa banyak tenaga kerja atau ASN.

“Nah memang akan ada relokasi konsumsi penduduk dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Disitu nantinya baru akan keliatan ada pola konsumsi meningkat ke Kalimantan Timur,” katanya.

Hal ini akan menyebabkan kontribusi barang konsumsi yang dihasilkan Sumut akan berpeluang relokasi tujuan juga. Walaupun belum tentu 100 persen

Next Post

The Daddies, Semakin Tua Semakin Tajam

Tue Aug 27 , 2019
SumutMerdeka – Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil merebut gelar Kejuaraan Dunia Badminton 2019 yang dihelat di St Jakobshalle, Basel, Swiss. Pada partai final yang berlangsung di hari Minggu (25/8/2019), The Daddies mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi melalui pertarungan yang berdurasi 1 jam 3 menit. Unggulan keempat tersebut menang 25-23, […]

Category